Pentingnya Digital Marketing Untuk UMKM

Solusi Teknologi Pratama
Solusi Teknologi Pratama 18 Mei 2020
  • Bagikan:

Berkat teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, cara pemasaran pun semakin berkembang dengan merambah ke dunia maya. Digital marketing mulai dilirik oleh pengusaha khususnya UMKM karena bisa menyasar pada target audience  yang lebih luas. Dengan digital marketing UMKM, peluang produk dikenal oleh khayalak banyak menjadi terbuka lebar.

Seperti yang diketahui sekarang ini internet termasuk di dalamnya media sosial telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan. Hampir sebagian besar orang merupakan pengguna internet aktif. Karena itu internet menjadi media yang paling potensial untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk.

Melihat besarnya peluang tersebut, tidak mengherankan apabila banyak perusahaan yang mulai menggunakan strategi digital marketing. UMKM adalah salah satu diantaranya. Melalui digital marketing ini UMKM lebih mampu bersaing dengan usahal lain yang lebih besar.

Masalah Yang Dihadapi UMKM

Kesuksesan dalam menjalankan usaha merupakan suatu tujuan dari setiap pengusaha. Sayangnya, tidak semua pengusaha mampu mengecap indahnya kesuksesan dikarenakan banyaknya masalah yang harus dihadapi. Hampir setiap pengusaha memiliki masalah, tidak terkecuali pada pengusaha UMKM.

Dibandingkan usaha lain yang lebih besar, UMKM memiliki masalah yang lebih besar terutama mengenai cara menarik konsumen. Brand menjadi salah satu alasan mengapa produk dari UMKM jarang dilirik konsumen meski dengan kualitas yang sama.

Ketiadaan program untuk meningkatkan loyalitas konsumen juga menjadi penyebab produk UMKM jarang dilirik konsumen.

Masalah lain yang kerap kali dihadapai pengusaha UMKM adalah sulitnya mengembangkan usaha agar semakin besar. Ini dikarenakan kebanyakan pengusaha UMKM tidak memikirkan bagaimana strategi agar usahanya semakin luas dan hanya berfokus pada produk sja.

Selain itu, distribusi pada UMKM juga sangat terbatas mengingat sebagian besar pengusaha UMKM masih belum memiliki channel yang dapat membantu proses pendistribusian. Terbatasnya distribusi juga disebabkan oleh kurangnya pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh UMKM ada banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah memperbaiki strategi marketing. Sebagai ujung tombak sebuah penjualan, marketing produk harus dilakukan dengan baik, salah satunya adalah dengan menjalankan strategi digital marketing UMKM.

Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM

Marketing atau pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam pengenalan dan penjualan suatu produk. Dengan melakukan pemasaran, produk yang dijual pengusaha UMKM akan lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Sekarang ini pemasaran semakin mudah dilakukan berkat booming nya digital marketing. Hampir semua pengusaha menggunakan strategi digital marketing, termasuk pengusaha UMKM. Pada UMKM, dampak dari digital marketing sangatlah besar.

Di zaman yang serba digital ini, pemasaran digital merupakan langkah yang tepat bagi pengusaha UMKM. Nah, berikut ini merupakan alasan mengapa digital marketing UMKM penting untuk dilakukan.

1. Membuat UMKM Mampu Bersaing

UMKM merupakan sebuah usaha dengan skala kecil, karena itu seringkali UMKM kalah bersaing dengan usaha-usaha lain serupa dengan skala besar. Hal ini dikarenakan UMKM tidak memiliki kemampuan untuk membangun jaringan secara luas, sehingga distribusi pun terbatas.

Namun, dengan adanya digital marketing, pengusaha UMKM akan memiliki kemampuan untuk memasarkan produknya secara masif dan luas. Dampaknya, produk dari UMKM akan lebih dikenal oleh audience, sehingga mampu bersaing dengan usaha serupa dengan skala yang lebih besar.

2. Menghemat Biaya Marketing

Ketika pengusaha UMKM berniat memasarkan produknya secara konvensional, dibutuhkan dana yang besar agar marketing bisa berjalan lancar. Namun, hal itu tidak menjamin produk tersebut dapat terjual dengan baik. Akibatnya, pengusaha UMKM pun mengalami kerugian.

Sebaliknya, jika pengusaha UMKM memanfaatkan strategi digital marketing, maka biaya yang keluar untuk melakukan pemasaran pun dapat ditekan. Tidak hanya itu, pemasaran secara online juga akan menghemat waktu dan tenaga tetapi dengan jangkaun yang lebih luas.

3. Memudahkan Edukasi Produk

Agar suatu produk bisa diterima oleh konsumen dan menjadi hal yang dicari, pengusaha UMKM perlu menunjukan “nilai” dari produk yang dibuat. Di sinilah digital marketing memainkan peranannya. Melalui pemasaran secara online, marketer bisa lebih mudah menjelaskan “nilai” dari produk yang dipasarkan.

Dengan begitu, marketer tidak perlu lagi menjelaskan kepada konsumen kelebihan dan “nilai” produk yang dijual. Yang perlu dilakukan hanyalah memahami dengan baik karakteristik dan kebiasaan calon konsumen serta produk yang akan dijual.

4. Meluaskan Pangsa Pasar

Ketika memasarkan sebuah produk secara konvensional, ada batasan yang akan dialami oleh marketer termasuk di dalamnya jangkauan pasar. Apalagi jika yang melakukan pemasaran adalah pengusaha UMKM yang notabenenya tidak mempunyai channel luas.

Namun, dengan memanfaatkan strategi digital marketing, batasan tadi tidak lagi berlaku. Melalui digital marketing UMKM, pasar dari produk bisa diperluas. Hal ini dikarenakan digital marketing tidak terikat dengan jarak atau pun waktu, sehingga pasar produk semakin luas.

Tips Menjalankan Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Digital marketing bagi UMKM merupakan suatu jalan agar produk yang dijual semakin dikenal dengan luas oleh calon konsumen. Oleh karena itulah marketer tidak boleh sembarangan dalam mengadopsi strategi yang akan dilakukan.

Apabila marketer berniat menjalankan strategi digital marketer untuk UMKM, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya pemasaran online bisa dilaksanakan.

1. Memaksimalkan Media Sosial

Sebagian pengguna internet aktif memiliki akun media sosial seperti Facebook, Instagram atau Youtube. Banyaknya jumlah pengguna media sosial tersebut membuatnya menjadi media terbaik untuk memasarkan suatu produk.

Terlebih,kebanyakan media sosial memiliki fitur “berbagi” yang memungkinkan penyebarluasan informasi secara cepat dan masif.

Apabila seorang marketer UMKM ingin produknya sukses dipasaran, marketer bisa memulainya dengan memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial yang ada. Dengan begitu, calon konsumen yang mengenal produk dari UMKM pun semakin meningkat.

2. Berfokus Pada Konten

Hal yang paling penting dalam strategi digital marketing adalah konten. Calon konsumen akan tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan apabila konten yang dibuat berkualitas tinggi.

Oleh karena itu, marketer harus memastikan bahwa konten yang dibuatnya telah memenuhi standara dan menarik. Sebab, konten merupakan hal yang pertama kali dibaca ketika marketer memasarkan produknya.

3. Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Ketika memasarkan sebuah produk secara daring, bukan hal yang mengherankan apabila ada kekurangan yang dilakukan marketer. Oleh karena itu, marketer harus melakukan evaluasi mengenai strategi pemasaran digital yang dilakukan.

Dengan begitu, marketer bisa menemukan bagian mana saja yang harus diperbaiki. Tidak hanya itu, dengan melakukan evaluasi, marketer juga dapat mengetahui apa saja target yang belum terlaksana. Adanya evaluasi juga membuat marketer bisa mengambil arah yang tepat bagi UMKM agar semakin maju.

Digital marketing UMKM merupakan strategi yang tepat untuk memasarkan produk UMKM secara lebih masif dan luas. Hal ini dikarenakan pemasaran secara online tidak terhalang oleh lokasi dan umur, sehingga pasar produk akan semakin luas.

Melalui pemasaran secara online, pengusaha UMKM tidak perlu lagi mengkhawatirkan pasar dan distribusi yang sempit. Dengan strategi digital online pula, pengusaha UMKM berkesempatan untuk bersaing dengan pengusaha lain yang lebih besar.

Komentar

0 Komentar

Post a Comment

Berlangganan

Berlangganan informasi terbaru seputar harga, promo, dan penawaran menarik lainnya.

WhatsApp