Kekurangan Dan Kelebihan Sistem Binary

Oleh Administrator · Agustus, 22 2020

Kekurangan Dan Kelebihan Sistem Binary

Sistem Binary adalah sistem perekrutan maksimal 2 orang yang membentuk 2 kaki atau frontline secara langsung. Dalam bisnis MLM sering menyebut istilah sistem binary ini dengan KKS [Kanan Kiri Seimbang] yang terkadang juga menjadi akronim dari binary kanan kiri.

 

Dalam dunia MLM sendiri sebetulnya mempunyai banyak jenis sistem marketing plan atau rencana pemasaran dan hampir setiap perusahaan MLM mempunyai sistem marketing plan yang berbeda. Sistem bunary muncul karena adanya modifikasi dengan tujuan menciptakan pasar baru atau peminat baru.

 

Sistem binary ini awalnya muncul pada tahun 1990-an dimana banyak orang beranggapan jika sistem binary sama seperti money game serta skema piramid. Namun, apa saja sebenarnya kekurangan dan kelebihan sistem binary tersebut yang paling utama?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

 

Kelebihan Sistem Binary

Dengan Sistem binary mempermudah kinerja upline konsultan dan juga duplikasi. Selain itu, member ke bawah atau downline juga akan menerima splillover dari upline yang tentu bisa mencegah terjadinya multi frontline. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain dari sistem binary, seperti:

  1. Mudah dan Cepat
    Saat Anda bergabung dengan bisnis MLM memakai sistem binary, maka anda tidak lagi harus membuang waktu terlalu banyak. Anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran atau keanggotaan yang nominalnya sudah ditentukan.

    Biaya pendaftaran berlaku seumur hidup sehingga anda hanya perlu membayar sebanyak satu kali saja. Selain itu, anda juga diharuskan untuk berbelanja produk tertentu yang sudah ditetapkan. Akan tetapi, ada juga beberapa MLM yang hanya mengharuskan anggota membayar biaya keanggotaannya saja tanpa harus membeli produk.

  2. Kecepatan Bonus
    Kecepatan bonus yang diterima ketika ada member baru yang bergabung tanpa harus menunggu untuk melakukan pembelanjaan ulang serta upline yang tidak perlu dipusingkan lagi.

    Namun hal ini tentunya juga dengan syarat baik pribadi atau group. Asalkan ada satu titik baru pada bagian sebelah kanan dan kiri, maka bonus tersebut nantinya bisa keluar dengan maksimal.

  3. Mudah Dalam Menjalankan Bisnis
    Bergabung dengan bisnis memakai sistem binary bisa dikatakan lebih mudah. Jika anda bergabung, maka yang perlu anda lakukan adalah mencari downline yang baru dengan melakukan presentasi.

  4. Opsi Penghasilan
    Kebannyakan Bisnis MLM di seluruh dunia memakai sistem binary adalah karena kemungkinan pendapatan yang lebih menguntungkan. Komisi dan juga pembayaran didistribusikan dalam rasio yang ditentukan sesuai dengan pasangan yang ditempatkan dalam jaringan.

    Selain itu, anda banyak penghargaan dan hadiah yang ditawarkan untuk mencapai target yang tentu memperluas jaringan. Komisi royalti tersebut adalah hadiah premium yang ditawarkan pada distributor yang melakukan peran penting dalam pertumbuhan jaringan serta umumnya didasarkan dari pergantian perusahaan.

    Seiring dengan hal tersebut, maka ada banyak skema serta bonus lain seperti pendapatan rujukan, pendapatan sponsor langsung, pendapatan jaringan spill dan juga pendapatan pencocokan binary yang akan diperoleh.

  5. Jaringan Spill
    Selain kuntungan di atas Sistem binary dalam dunia MLM adalah jaringan spill yang bagi banyak distributor adalah cara yang baik untuk menarik calon karyawan baru.

    Sebagai bagian dari jaringan spill, jika anda ditempatkan di bawah kaki daya upline aktif dan sukses, maka anda juga akan berpeluang besar untuk bekerja dan lebih sedikit beban yang anda rasakan ketika bekerja.

 

Kekurangan Sistem Binary

Sebuah sistem pasti memiliki kekurangan, sistem binary tentu memiliki kekurangan tersendiri dan berikut ini adalah beberapa kekurangan sistem binary yang paling utama:

  1. Kelebihan Budget Bonus
    Sistem binary memiliki kekurangan salah satunya adalah kelebihan budget bonus atau sering disebut dengan istilah overpay. Namun sayangnya, banyak perusahaan yang tidak menyadari akan hal tersebut dan akibatnya kelanjutan perusahaan tersebut juga akan terhenti.

  2. Spillover
    Spillover merupakan keuntungan dari sistem binary, namun ternyata juga bisa menjadi sebuah kekurangan atau kerugian besar. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh beberapa distributor adalah sesudah mendaftar, mereka hanya duduk dan berharap jika downline mereka akan dibangun lewat spillover dari upline. Mereka percaya atau sudah diberitahu jika downline mereka nantinya akan tumbuh dengan usaha merekrut upline mereka.

    Jika memang upline anda aktif, maka hal ini mungkin saja terjadi. Namun masalahnya, anda bukanlah satu satunya orang di downline upline, anda akan bersaing untuk spillover dengan distributor lainnya di downline tersebut. Upline anda mempunyai lebih banyak pilihan ke mana harus menempatkan distributor yang baru. Kecenderungannya adalah upline untuk menempatkan distributor baru akan dilihat sebagai bentuk dorongan pada anggora yang aktif. Untuk itu, anda tidak mungkin mendapatkan spillover jika memang anda tidak aktif.

    Katakalanlah anda sudah mendaftar di distributor yang aktif dan anda adalah salah satu dari dua distributor garis depan. Anda dan orang yang menempati kaki sponsor lain secara alami akan bersaing untuk memperoleh spillober darinya dan dari orang lain yang lebih tinggi dalam struktur.

    Secara teknis, anda harus membagikan 4 rekrutan berikutnya dengan basis 50-50 sehingga anda bisa mendapat dua dan orang lainnya juga mendapat dua. Namun sayangnya, ini tidak terjadi sebab dalam sistem binary, spillober akan selalu mengalir ke kaki luar yakni kaki kekuatan sehingga tidak akan pernah mengalir ke arah dalam.

  3. Anda Bertanggung Jawab 100% Untuk Membangun Kaki Dalam
    Kekurangan sistem binary selanjutnya adalah anda nantinya akan bertanggung jawab 100% untuk membangun kaki dalam. Jika anda ditempatkan pada kaki seseorang, maka satu satunya harapan anda adalah membangun dari spillover yakni dari satu orang saja.

    Jika anda tidak terlibat secara aktif, maka kaki bagian dalam anda yakni kaki pendapatan akan tertinggal di belakang kaki kekuatan sehingga hasilnya anda akan memperoleh komisi yang sedikit atau bahkan tidak mendapat komisi.

  4. Flushing
    Kesimbangan sangatlah penting dalam sistem binary. Karena paket membayar lebih rendah dari 2 volume poin, maka jika anda tidak bisa memenuhi saldo yang sudah disyaratkan, anda tidak hanya akan kehilangan komisi namun juga semua poin yang sudah anda akumulasi ke titik tersebut yang disebut dengan flushing atau pembilasan.

    Sistem binary sendiri sebetulnya sederhana untuk dipahami jika dibandingkan dengan rencana lainnya, namun juga butuh uji tuntas dari anda. Untuk itu, pahami aturannya dengan baik dan nantinya anda bisa menghasilkan lebih banyak uang dari sistem binary tersebut.

 

Kunci terpentingnya adalah mengetahui di mana menempatkan distributor baru anda untuk pembayaran yang maksimum. Semoga ulasan kami kali ini tentang kekurangan dan kelebihan sistem binary bisa menambah informasi anda.