Pengertian Multi Level Marketing

Oleh Solusi Tech · Januari, 02 2021

Pengertian Multi Level Marketing

Multi Level Marketing atau yang bisa kita kenal MLM adalah jenis usaha pemasaran yang penuh dengan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Berbagai anggapan negatif pun bermunculan untuk jenis usaha ini.

Beberapa orang beranggapan kalo Bisnis MLM sebagai bentuk marketing yang ilegal dan hanya menguntungkan anggota yang berada di level atas dan beberapa beranggapan bahwa Bisnis MLM legal dan sangat menguntungkan.

Sebenarnya, apasih itu MLM dan bagaimana cara kerjanya? Apakah Sistem MLM legal?

Pengertian Multi Level Marketing
Mungkin dari kita pernah tiba-tiba dihubungi oleh teman lamamu lalu kita diajak berbisnis? Dengan beberapa penjelasan dari temanmu kamu bisa meraup banyak keuntungan jika mengajak orang lain untuk ikut berbisnis dengan kalian juga, mungkin saja kamu teman kamu sedang mangajak kamu untuk menjalani multi level marketing atau MLM.

Perlu kita ketahui Multi Level Marketing atau MLM adalah strategi yang digunakan beberapa perusahaan direct sales. Dalam strategi ini sebuah perusahaan mendorong anggota atau member yang sudah ada untuk merekrut anggota baru. Nantinya, setiap anggota yang berhasil merekrut atau menjual sebuah produk akan mendapat keuntungan dari penjualan atau perekrutan Anggota baru itu.

Anggota baru yang tadi direkrut oleh oleh Member disebut juga sebagai downline dan Member perekrut di sebut Upline dari Anggota baru itu. Semakin banyak downline yang direkrut oleh Anggota Member, maka keuntungan Anngota itu pun akan semakin besar.

Biasanya, sebuah perusahaan yang menerapkan multi level marketing atau sistem MLM ini tidak memiliki toko fisik. Dan jika kamu ingin membeli produk atau jasa mereka, kamu harus menghubungi Upline kamu, Distributor atau Stokis dari perusahaan yang telah terikat sebelumnya.

Dalam praktik bisnis MLM ini biasanya sebuah perusahaan bisa memiliki ratusan hingga ribuan distributor atau Stokis yang tersebar di seluruh dunia, tidak semua distributor berhasil meraih keuntungan seperti yang dijanjikan di awal. Hal itulah yang kerap membuat orang ragu sesorang untuk menjalani bisnis MLM.

Apakah MLM Ilegal
Banyak orang menganggap multi level marketing atau MLM adalah strategi bisnis yang ilegal karena menggunakan skema piramida atau pyramid schemes, beberapa beranggapan skema piramida bisa disebut sebagai penipuan.

Dalam Bisnis ini, seseorang akan menjanjikanmu dengan berbagai hal menarik yang akan kamu dapatkan jika bergabung dengan bisnis mereka, dan mereka akan menyebutkan bahwa bisnis ini mengubah hidupmu.

Padahal sebagian besar penghasilanmu tergantung berapa banyak orang yang berhasil kamu rekrut atau ajak bergabung, bukan berapa produk yang kamu jual, Skema ini dilakukan untuk terus merekrut distributor baru terus menerus dan kemudian uang distributor akan mengalir ke bisnis tersebut.

Jadi apakah berbisnis dengan menggunakan sistem multi level marketing atau MLM ini ilegal? Tentu jawabannya, TIDAK. Sebuah Bisnis MLM bisa dikatakan legal apabila keuntungan distributor lebih banyak diperoleh dari hasil penjualan produk. Tetapi jika keuntungan lebih berfokus untuk perekrutan distributor baru atau memperbanyak anggota, bisnis tersebut lebih tepat disebut skema piramida.

Bagaimana Cara Kerja MLM
Seseorang yang mengikuti bisnis multi level marketing biasanya sudah direkrut oleh seorang distributor yang sudah berkecimpung di bisnis tersebut, dan biasanya distributor atau perusahaan mengadakan sebuah acara tertentu. Pada acara itu, kamu akan diminta untuk menikmati produk perusahaan.

Jika tertarik kamu akan diajak untuk menghadiri rapat yang berisi tentang penjelasan produk, bisnis, skema, dan proses MLM dan Perusahaan kemudian akan berusaha meyakinkanmu dengan membujukmu untuk bergabung dengan bisnis mereka.

Jika setuju, kamu akan diminta untuk membayar biaya registrasi atau pendafatar atau bisa jadi biaya pembelian sebuah produk mereka. Pembelian biasanya dianggap sebagai biaya awal kamu bergabung.

Setelah kamu bergabung kamu dapat melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan oleh distributor yang merekrutmu.

Apakah anda tertarik dalam bisnis ini, apakah anda ingin membuat sistem MLM dengan beberapa jenis pembonusan Kami Solusitech Sebagai Jasa Pembuatan Website MLM Profesional yang juga dapat menggunakan sistem afiliasi. Salain itu Kami juga menyediakan layanan pembuatan website MLM dengan sistem jaringan dan pembonusan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sistem yang kami kembangkan sepenuhnya full custom karena tidak menyediakan dan menggunakan script web MLM yang umumnya dijual bebas jadi kami build dari nol, sehingga Anda bebas menentukan marketing plan seperti apa yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan Anda. Kami mempunyai tim yang sudah sangat berpengalaman dalam perancangan web networking yang bisa anda andalkan kapanpun dan dimanapun.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan dalam Membuat Bisnis MLM :

  1. Produk atau Jasa, hal ini cukup penting dikarenakan salah satu syarat untuk menjalankan bisnis MLM wajib adanya produk fisik atau Jasa, meskipun produk itu cuma kartu member ataupun brosur saja.
  2. Legalitas Perusahaan yang jelas juga sangat diperlukan karena untuk memulai bisnis besar tentu memerlukan kepercayaan dari konsumen, hal ini bisa dilakukan dengan menyiapkan legalitas yang lengkap, baik badan usaha PT atau CV, SIUPL (bukan SIUP), atau mengajukan APLI/AP2LI, bahkan jika perlu anda bisa menambahkan sertifikasi lain seperti Halal MUI atau ISO untuk menambah kepercayaan kepada konsumen.
  3. Marketing Plan yang bagus dan menguntungkan bagi member tanpa merugikan bagi perusahaan, umumnya alokasi dana untuk bonus adalah 40% dari harga jual produk MLM.
  4. TIM yang solid, tim disini meliputi dari tim internal perusahaan untuk management dan tim marketing yang bisa diajak kerjasama, atau minimal member baru yang sudah siap join di awal.
  5. Support system yang jelas dan terstruktur agar metode pemasaran nantinya mudah diduplikasi ke member yang baru join.
    Modal yang cukup karena diperjalanan pasti membutuhkan akomodasi yang cukup banyak, terlebih lagi untuk perusahaan Multi Level Marketing yang baru merintis.

Untuk Detail Informasi Anda bisa Hubungi Kami untuk konsultasi atau pembuatan Sistem MLM
Whatsapp : +62 812-820-000-25