Pengertian WordPress dan Alasan Memilih WordPress

Oleh Administrator · Agustus, 10 2020

Pengertian WordPress dan Alasan Memilih WordPress

WordPress merupakan aplikasi website publishing yang terkenal dan sudah sangat banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan memakai WordPress ini, anda dapat dimudahkan dalam membuat website yang langsung siap digunakan dalam waktu yang singkat tanpa harus menulis kode pemrograman web.

Apa Itu WordPress?
WordPress sangat terkenal dalam pembuatan website baik itu blog pribadi, situs tentang edukasi, situs untuk perusahaan atau company profile hingga situs penjualan atau e-commerce / online shop.

Untuk pertama kalinya, WordPress diperkenalkan pada tahun 2003 sebagai sebuah pengembangan aplikasi blog b2/cafelog dari Matt Mullenweg dan juga Mike Little. Pasa saat itu WordPress hanya fokus untuk media blog pribadi dan untuk konten web diurutkan berdasarkan pada kronologisnya.

Dengan berkembanganya waktu saat ini WordPress juga tidak lagi hanya sekedar blogging platform atau untuk membuat blog saja, namun sudah menjadi sebuah aplikasi CMS yang dapat anda gunakan untuk membuat website diluar blog seperti contohnya situs edukasi, untuk online shope, corporate website dan lain sebagainya.

Sekarang ini, WordPress sudah masuk dalam kelompok aplikasi yang dinamakan dengan Content Management System [CMS] yakni sistem untuk publish, mengedit, memodifikasi, menghapus dan juga organisir konten. Dalam hal tersebut, yang dimaksud dengan konten adalah artikel yang akan dijadikan sebagai isi dari website.

Sebetulnya, anda bisa saja membuat sebuah website tanpa memakai CMS. Akan tetapi, banyak orang yang juga tidak punya waktu untuk belajar tentang kode pemrograman pada web tersebut ditambah lagi dengan organisasi banyaknya artikel yang nantinya akan ada di dalam web tersebut.

Untuk itulah, ada banyak programmer web yang membuat aplikasi siap pakai supaya semua orang bisa membuat website tanpa harus mendalami lebih dulu tentang berbagai kode program. Nantinya, anda hanya perlu klik pada beberapa menu tertentu dan website dengan tampilan yang kekinian sudah bisa dipublish ke internet.

Selain WordPress, masih ada berbagai CMS lain yang juga bisa dipakai dalam membuat website baik yang berbayar atau gratis seperti Drupal dan juga Joomla. CMS sendiri juga bisa dikategorikan untuk banyak kebutuhan.

Jika anda ingin membuat sebuah forum, maka bisa memakai vBulltein, Magento untuk membuat online shop atau Opencart.


Kenapa Harus Pilih WordPress?

Saat ini WordPress menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan CMS lainnya, karena sudah sangat populer dan paling banyak dipakai sekarang ini bahkan hingga mencapai 78% orang menggunakan WordPress.

WordPress yang sudah ada sejak tahun 2003 ini sudah berada di versi ke-5 sehingga bisa dikatakan lebih profesional dari segi pengalamannya. Selain itu, WordPress juga menyediakan begitu banyak plugin baru yang bisa anda gunakan untuk menambahkan fitur.

Cara Kerja WordPress
Pada dasarnya, WordPress ini terdiri dari ribuan kode program PHP dan pada saat ada pengunjung yang mengakses web anda,maka kode program tersebut yang akan memproses pengambilan data dari database dan nantinya akan menghasilkan kode HTML. Kode HTML tersebut yang kemudian akan anda lihat pada web browser.

Selain memakai PHP, WordPress juga memakai MySQL untuk database yang dipakai untuk menyimpan segala artikel, komentar dan berbagai data lainnya. Untuk itu, agar bisa memakai WordPress pada komputer lokal, anda harus memakai aplikasi Server karena Bahasa Pemrograman PHP berjalan di server, Anda dapat menggunakan XAMPP untuk mengintass Wordpress di Lokal komputer Anda.