5 Keuntungan Menggunakan WordPress

Oleh Solusi Tech · April, 19 2021

5 Keuntungan Menggunakan WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang benar-benar kondang digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL, dimana kedua bahasa program selanjutnya merupakan tipe perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
WordPress termasuk merupakan suatu blog tool yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog seperti penulisan, pengeditan, pempublikasian posting blog dan komentar dengan fungsi khusus untuk memanajemen gambar, video, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar. Dikenalkan terhadap awal tahun 2003, WordPress termasuk pilihan platform yang cukup lengkap untuk pengembangan sebuah web. Oleh gara-gara itu, tidak tersedia salahnya Anda mengerti lebih dari satu keuntungan memanfaatkan WordPress.

Keuntungan Menggunakan WordPress
Keuntungan memanfaatkan WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) dalam sebabkan dan membangun sebuah web site atau blog, diantaranya:

  1. Sangat Fleksibel
    Dari sisi pengembangan, WordPress merupakan platform CMS yang benar-benar gampang untuk dikostumisasi, baik dari aspek penampilan (theme), ataupun dari aspek plugin. Dahulu WordPress hanya digunakan sebagai CMS untuk blog. Namun bersamaan berkembangnya kapabilitas inti dari WordPress, pas ini WordPress bisa digunakan untuk kepentingan apapun. CMS ini benar-benar sesuai untuk bermacam keperluan, menjadi dari website/blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online, kumpulan resep masakan, forum, social media, dll.

  2. Pengelolaan Mudah
    Salah satu keluhan dari para pembuat web site adalah tidak mengertinya kode HTML untuk melakukan kustomisasi websitenya. Di WordPress, telah terkandung fitur “interface” yang memudahkan pengaturan posting dan tata letak komponen websitenya. Ini merupakan tidak benar satu keuntungan memanfaatkan WordPress untuk web site Anda, lebih-lebih untuk orang awam yang tidak begitu mengerti bahasa pemograman.

  3. Tersedia Banyak Plugin
    Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberi tambahan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia terhadap instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web site counter, antivirus, SEO, montoring web, galerry, sosial tempat share, dan lain sebagainya. WordPress benar-benar perhatikan perihal plugin agar plugin yang tersedia di WordPress benar-benar banyak dan tetap berkembang.

  4. Dapat Mengelola Tingkat Akses Pengguna
    Platform WordPress sedia kan 5 pilihan peran pengguna seperti admin, editor, penulis, kontributor, dan pelanggan. Kelima pilihan peran pengguna ini benar-benar baik digunakan terhadap sebuah web site perusahaan yang mempunyai lebih dari satu orang untuk pengelolaannya. Mengurangi dampak keamanan web site Anda dengan pengaturan akses ini merupakan keuntungan memanfaatkan WordPress untuk web site Anda.

  5. Mudah Digunakan
    Menggunakan CMS ini benar-benar mudah, menu-menu yang tersedia cukup intuitif. Namun jikalau Anda menemui kesusahan dalam menggunakannya, jangan khawatir. Karena kepopuleran CMS ini, banyak sekali artikel yang ditulis perihal langkah menggunakannya. Forum-forum khusus WordPress termasuk bisa membantu Anda untuk menyelesaikan persoalan yang muncul. Anda bisa menanyakan lewat support forum WordPress di wordpress.org/support atau wordpress.stackexchange.com. Di Indonesia, tidak benar satu forum WordPress yang kondang adalah Forum WordPress Indonesia. Jika malas membaca literatur dari internet dan ingin Info yang tersusun dengan rapi, Anda bisa membeli buku-buku perihal WordPress di toko buku terdekat.

Itulah beberapa keuntungan dalam menggunakan WordPress.

cmswordpress

PROMO LANDING PAGE