Apa itu Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Oleh Solusi Tech · April, 18 2021

Apa itu Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Rencana Pemasaran (Marketing Plan) adalah program Perusahaan dalam memasarkan Barang yang bakal dijalankan dan dikembangkan oleh Penjual Langsung melalui jaringan pemasaran bersama dengan bentuk Penjualan Langsung secara Satu Tingkat (Single Level Marketing) atau Penjualan Langsung secara Multi Tingkat (Multi Level Marketing).
Setiap perusahaan atau pelaku usaha yang mendistribusikan produknya dalam proses direct selling (penjualan langsung). Serta miliki izin atau perizinan perihal penjualan langsung dari instansi atau instansi berwenang.

Wajib miliki Program Pemasaran (Marketing Plan), sebagaimana yang tertulis pada Permendag No. 70 Tahun 2019. Dimana setiap perusahaan yang dimaksud, harus miliki beberapa syarat sebagai berikut.

Tertuang pada Pasal 5 huruf b, yang berbunyi, "memiliki Program Pemasaran (Marketing Plan)". Itu artinya, program pemasaran harus dimiliki oleh perusahaan yang menerapkan proses penjualan langsung atau MLM.


Mengapa Program Pemasaran itu perlu ada?
Tentu saja, bersama dengan terdapatnya program pemasaran dikehendaki tiap-tiap penjualan punya arah yang jelas. Sehingga akan meminimalisir kerugian baik itu bagi perusahaan, distributor, dan konsumen.

Setidaknya di dalam program pemasaran tersebut, perusahaan perlu mencantumkan informasi yang jelas. Semua tertuang pada Pasal 8, kiranya perusahaan perlu mencantumkan informasi paling sedikit mengenai.

  1. Profil singkat Perusahaan yang meliputi nama, alamat, nomor telepon, alamat email dan alamat,situs web.
  2. Daftar dan profil Barang yang paling sedikit meliputi nomor dan type izin edar barang di dalam hal diwajibkan, gambar, harga jual, dan manfaat.
  3. Jenis Program Pemasaran (Marketing Plan) yang digunakan.
  4. Biaya pendaftaran calon Penjual Langsung.
  5. Isi alat bantu penjualan (starter kit).
  6. Alur penjualan Barang dari Perusahaan sampai bersama dengan kepada Konsumen.
  7. Jenis, perhitungan serta kuantitas Komisi dan/atau Bonus yang diberikan kepada semua Penjual Langsung yang dibuat di dalam mata duit Rupiah.
  8. Simulasi perhitungan Komisi dan/atau Bonus kepada Penjual Langsung sampai tingkat jaringan tertentu.
  9. Syarat dan ketentuan di dalam memperoleh Komisi dan/atau Bonus.
  10. Jadwal pembayaran Komisi dan/atau Bonus.


Semua informasi tersebut perlu ada, itulah mengapa kami sebagai customer perlu jeli. Karena bersama dengan terdapatnya informasi tersebut, setidaknya akan memicu kami lebih berhati-hati dan percaya bersama dengan perusahaan.


Apa saja yang tersedia di Rencana Pemasaran?
Di tiap-tiap perusahaan akan mempunyai program pemasaran yang berbeda-beda. Semua bergantung pada apa dan bagaimana product selanjutnya mampu digunakan oleh konsumen. Sekurang-kurangnya, program pemasaran yang kudu tersedia adalah sebagai berikut.

  1. Persyaratan dan Prosedur – Informasi dapat berupa tekhnis perihal bagaimana untuk mengawali join sebagai penjaja langsung.
  2. Rencana Program A, B, dst. – Berisi perihal bagaimana tekhnis komisi bakal didapat seandainya menggapai suatu penjualan/pembelanjaan tertentu.
  3. Perhitungan persentase komisi – Informasi ini penting sekali disampaikan atau ditulis di web perusahaan, sehingga calon penjaja dapat mempelajarinya dengan mudah.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, tiap tiap perusahaan memiliki program pemasarannya sendiri. Sehingga secara teknis, tiap tiap perusahaan memiliki kiat pemasaran yang berbeda.

Tergantung bagaimana kesepakatan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Karena sebetulnya yang utama adalah bagaimana product yang mereka (perusahaan) jual dapat laku di pasaran.

Tentu saja bila sebuah perusahaan memiliki suatu product "eksklusif" yang punya nilai jual tinggi. Maka, tiap tiap aspek dalam kiat pemasaran akan jadi langkah utama yang kudu diamati oleh tim marketing.

Nah, disinilah peran penjual segera (direct selling), bagaimana Ia dapat menegaskan calon customer untuk belanja produknya. Tentu saja dengan langkah yang baik, tanpa tersedia unsur pemaksaan atau tidak sesuai dengan aturan.

Bila Anda adalah seorang penjual segera tentu tantangannya disini, yakni menegaskan calon konsumen. Itulah mengapa, sebelum akan Anda mengambil keputusan untuk bergabung pada sebuah proses penjualan langsung.

Ada baiknya Anda lihat latar belakang perusahaan khususnya dahulu, bagaimana standing legal atau legal standing perusahaan. Sekaligus, tentu saja apa yang ditawarkan oleh perusahaan bila Anda sukses menjual product mereka dengan baik.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, perihal Apa itu Rencana Pemasaran (Marketing Plan). Semoga ini dapat menopang Anda belajar lebih banyak lagi perihal usaha MLM, untuk Info lainnya Anda dapat baca di Blog Solusi Tech.

mlmslmmarketing plansingle level marketingmulti level marketing

PROMO LANDING PAGE