Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Solusi Tech · Januari, 02 2021

Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19

Akibat Covid-19 saat ini Indonesia sedang terpuruk, Dampak dari Covid-19 sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu cukup singkat, pelaku bisnis harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Adapun peluang bisnis atau peluang karier yang masih terbuka lebar yaitu dalam bidang Digital Marketing. Para pelaku industri digital marketing justru bersyukur dengan adanya wabah tersebut.

Setiap Usaha atau Bisnis peran Digital marketing merupakan strategi yang wajib diterapkan yang ingin bertahan di tengah perkembangan teknologi di saat ini dalam kegiatan pemasaran di ranah online.

Oleh karena itu, di masa pandemi covid ini pelaku usaha di wajibkan untuk mengoptimalkan pemasaran online dan digital marketing sebagai sarana komunikasi dengan konsumen. Di era digital saat ini, berinteraksi dengan konsumen lebih banyak melalui media social. Berikut Solusi Tech telah merangkum 6 strategi yang bisa diterapkan oleh pebisnis agar tetap survive di masa pandemi.

  1. Tetap berKomunikasi dengan Customer
    Dengan banyaknya orang yang harus self quarantine di rumah, dan menggunakan media mereka agar tetap update berita terbaru atau sekedar mencari hiburan semata.

    Ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial pada masa pandemi lewat Media Social. Atau mengirimkan pesan broadcast melalui email secara massal kepada pelanggan anda. Perlu diingat satu hal, konten yang ditampilkan tidak melulu soal jualan. Sehingga mampu membentuk ikatan yang cukup kuat dan membangun koneksi dengan konsumen.

  2. Optimalkan Media Sosial yang Dimiliki
    Jangan kasih kendor, itulah kata yang pas untuk situasi sekarang ini. Kalian bisa memulai dari membuat konten yang menarik dari segi visual maupun caption, Memanfaatkan websites untuk memperkenalkan informasi usaha lebih detail, Memperluas penjualan melalui marketplace dan e-commerce. Di era digital saat ini, Strategi in dapat meningkatkan brand awareness.

  3. Memberikan Diskon
    Seperti yang kita tau salah satu dampak dari pandemi Covid-19 ini banyak orang yang di PHK, Otomatis mereka tidak mendapatkan pendapatan sama sekali dan pasti mereka berfikir 2 kali untuk menghabiskan uang. Orang-orang akan lebih berhemat dalam berbelanja, Memberikan diskon pada produk adalah salah satu solusinya cara ini dapat mendapatkan simpati dari pelanggan dan dapat juga mendatangkan pelanggan diluar target pasar anda, dan tentunya agar pemasukan tetap terus berjalan.

  4. Menggandeng Influencer
    Promosikan produk anda dengan cara menggandeng influncer, Influencer adalah individual yang memiliki reputasi dan popularitas yang tinggi untuk mempengaruhi banyak orang dalam dunia media sosial. Ini juga merupakan salah satu cara yang paling efektif agar bisnis anda berjalan dengan lancar, Karena efek yang ditimbulkan dari influencer ini juga menguntungkan kita contoh nya bisa membantu meningkatkan brand awareness public pada toko online dan produk anda, Menciptakan brand advocate (pengguna yang loyal), meningkatkan reputasi dan page ranks.

  5. Platform
    Ini juga bagian yang sangat penting bagi para pebisnis, Konten yang menarik dapat diunggah di berbagai platform, Tetapi Gunakan platform yang mendukung bisnis anda secara online. Kalian juga harus paham dimana konten kalian akan di publish dan siapa target market anda. Ada beberapa platform yaitu : Instagram, You-Tube, Twitter, Facebook, dan yang baru-baru ini adalah Tiktok.

  6. Berfikir Tenang dan Positif
    Semua pelaku usaha akan berpikiran untuk menggulung tikar usahanya. Tetapi itu salah, Yang harus dilakukan adalah mencari strategi digital marketing yang terbaik untuk membangkitkan kembali bisnis anda. Jangan pernah panik karena saat anda mengambil keputusan di saat panik, itu sangat merugikan perusahaan anda sendiri. Dan kita harus tetap positif bahwa situasi ini akan segera berakhir dan bisnis anda tidak akan gulung tikar.

pandemi covid marketing digital bisnis internet marketing

PROMO LANDING PAGE