Kelebihan dan Kekurangan SEO

Oleh Solusi Tech · Januari, 09 2021

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya melakukan optimasi pada website agar memperoleh peringkat teratas saat muncul pada hasil pencarian. Begini logika sederhananya, ketika website Anda mendapat posisi tinggi dalam hasil pencarian, potensi organic traffic website juga meningkat.

SEO juga membantu Anda agar memperoleh traffic website yang tepat sesuai tujuan utama pembuatan website. Namun, mencapai traffic tinggi dan sesuai target tidak mudah. Anda harus belajar seluk beluk SEO, mulai dari cara kerja, algoritma Google, hingga indikator utama SEO. Dalam digital marketing, penguasaan SEO menjadi suatu keterampilan dasar yang wajib dimiliki pemasar atau digital marketing.

  1. Kelebihan SEO
    Menerapkan SEO pada website memang butuh waktu, tetapi ketika Anda sudah menerapkan dengan benar sesuai aturan Google, hasil yang diperoleh lebih memuaskan. Selama tidak ada perubahan signifikan dari algoritma Google, rata-rata website dengan SEO yang tepat akan bertahan di halaman satu hasil pencarian lebih lama.

    SEO juga pilihan tepat jika Anda belum berencana mengalokasikan budget khusus beriklan (SEM). SEO boleh dibilang gratis atau minim bujet, selama Anda memang melakukannya sendiri. Namun, Anda harus berinvestasi waktu dan tenaga untuk mempelajari cara kerja SEO agar bisa diterapkan secara optimal pada website.

  2. Kekurangan SEO
    Memahami apa itu SEO berarti Anda juga perlu mengetahui kekurangannya. Pertama, SEO tidak dianjurkan dilakukan secara agresif jika usia domain website masih di bawah 6 bulan. Ada kecenderungan orang untuk melakukan teknik link building secara berlebihan dengan link berbau spam agar traffic cepat naik. Sayangnya, ketika dilakukan secara agresif pada kata kunci yang terlalu kompetitif, mesin pencari akan memberi penalti pada website itu.

    Jumlah kata kunci SEO terbatas, berkisar antara 3-5 kata kunci per halaman supaya proses optimasi bisa maksimal. Maka, Anda harus pintar memilih target kata kunci yang paling potensial dengan melakukan riset target kata kunci. Semua proses tersebut membuat proses pengerjaan SEO menghabiskan waktu hingga 3 bulan.

 

Tips Website SEO

Kami telah merangkum beberapa Tips Website menjadi SEO berikut:

  1. Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tool
    Dengan mendaftarkan website ke Google Webmaster Tool bertujuan supaya seluruh konten yang Anda publish cepat terindex pada mesin pencarian Google.

  2. Keyword Density Konten
    Anda harus melakukan optimasi pada keyword density, supaya konten tidak dikira spam oleh Google karena pengulangan kata kunci berturut-turut. mengecek kepadatan keyword merupakan cara yang mudah untuk membuat Website SEO friendly.

  3. Kecepatan atau Loading Website
    Website yang Loading cepat akan meningkatkan traffic dari website, dengan meningkatkan kecepatan loading pada website juga pada SEO untuk kedepannya. Pastikan website anda ringan dan cepat untuk di akses.

  4. Alt Gambar
    ALt atau Alternative Text memiliki fungsi agar memudahkan mesin pencarian dalam membaca gambar yang di publish di dalam website Anda maka bisa menggunakan Alt Text ini.

  5. Konten Berkualitas
    Ada baiknya jika Anda memperhatikan isi dari konten web Anda dengan unik uniknya serta dengan kepadatan kata kunci supaya kontennya juga relevan pada mesin pencarian Google.

Demikianlah bahasan soal SEO yang kami berikan. Semoga dengan informasi ini bisa Anda manfaatkan untuk memastikan website Anda semakin SEO friendly.


Cek DA dan PA Domain Gratis
Cek DA dan PA Domain Gratis

Domain authority (DA) dan page authority (PA) sebuah indikator atau skoring yang dikeluarkan oleh Moz untuk mengukur kualitas sebuah website dengan metrik yang beragam, salah satunya adalah backlink.