Kelebihan dan Kekurangan Sistem Binary

Oleh Solusi Tech · Januari, 09 2021

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Binary

Multi Level Marketing atau biasa kenal MLM merupakan salah satu sistem pemasaran dengan memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi. Multi artinya banyak, level artinya berjenjang dan Marketing artinya pemasaran, sehingga Multi Level Marketing adalah pemasaran yang banyak dan berjenjang.
Salah satu contoh Plan dari MLM adalah Sistem Binary, kali ini Solusitech telah merangkum beberapa kelebihan sistem binary dan kekurangan sistem binary.

Sistem Binary merupakan pengembangan jaringan dua kaki saja, dan lebih mengutamakan keseimbangan jaringan. Maka semakin seimbang jaringan dan omset bisnis pada perusahan MLM dengan menggunakan sistem ini, maka bonus yang didapat juga semakin besar. Jika ternyata tidak seimbang, maka bonus-bonus tersebut mengalir deras ke dalam perusahaan.

Sistem binary biasanya di pakai oleh perusahaan-perusahaan MLM yang dibuat oleh Indonesia. Untuk membangun jaringan perusahaan berkembang relatif cepat dengan sistem binary plan. Cara cepat mendapat bonus besar di sistem binary yaitu dengan melakukan perekrutan rekanan (bonus sponsor atau referral) sebanyak banyaknya.

Sistem ini hanya efektif memberikan bonus besar di awal karier saja sebagai cara ini untuk meyakinkan bahwa menjalankan bisnis MLM dengan sistem binary ini sangat mudah. Pada kenyataannya sistem binary ini dapat disimpulkan kalau keuntungan mudah didapat pada rekanan yang gabung di awal.

Kelebihan Sistem Binary
Karena dalam sistem ini hanya disediakan dua kaki frontline saja, maka akan sangat memudahkan dalam fokus kerja Upline, konsultasi dan duplikasi. Selain itu, member dibawah atau downline akan menerima spillover dari upline.

Kecepatan adalah poin yang sering dijual ketika mempresentasikan sistem ini. Bonus dihitung dari awal ketika member baru bergabung, tanpa harus menunggunya untuk melakukan pembelanjaan ulang dan upline yang menerima bonus juga tidak dipusingkan dengan syarat omzet baik pribadi maupun group. Asal ada satu titik baru di sebelah kiri dan satu dikanan, maka bonus keluar dengan maksimal. Inilah yang menjadi daya tarik Binary.

Kekurangan Sistem Binary
Sistem ini seperti juga sistem lainnya, memiliki kekurangan. Yang pertama adalah rendahnya tingkat repeat order. Ironisnya, dalam setiap presentasi selalu ditekankan bahwa disini kita tidak perlu tutup poin. Bukankah itu suatu kelemahan? kembali kepada cara anda memandangnya. Jika kita kembali menilai kriteria sebuah perusahaan MLM yang sukses, maka kita harus meletakkan kekuatan utama di produk. Di sistem Binary, kalaupun ada pembelian produk yang bersifat repeat, biasanya dari automaintenance, artinya member membeli produk bukan karena mereka mau, tetapi karena sudah dibayar dari bonus mereka sendiri yang disisihkan sekian persen. Jadi jangan berharap terjadi pembelian produk tersebut dalam jumlah besar oleh seorang member. Sistem ini juga rentan terhadap kelebihan budget bonus (Overpay). Sayangnya, banyak perusahaan yang tidak menyadari hal ini ataupun salah memberikan solusi. Akibatnya sudah bisa kita tebak.

kelemahan binary kelebihan binary kekurangan binary sistem binary marketing plan mlm binary mlm

PROMO LANDING PAGE