Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Oleh Administrator · Agustus, 11 2020

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Kelebihan dan Kekurangan WordPress
WordPress merupakan platform pembuatan website dari Matt Mullenweg dan juga Mike Little di tahun 2003. Hal menarik dari WordPress ini adalah software bersifat open source yang artinya bebas digunakan dan gratis yang bahkan bisa dimodifikasi oleh siapaun.

Pada WordPress terdapat berbagai plugin untuk mempermudah anda ketika ingin menambah fitur ke dalam website hanya dengan satu kali klik. Selain itu cara penggunaan yang mudah, dilengkapi dengan banyak fitur dan gratis menjadi beberapa alasan kenapa WordPress paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Tanpa harus bisa Coding, sebetulnya anda sudah bisa membuat website dengan sangat mudah yakni dengan menggunakan WordPress yang sudah bisa anda andalkan. Namun sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya, akan lebih baik jika anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan WordPress yang paling utama untuk website anda.

 

Kelebihan Menggunakan WordPress

  1. Sangat Mudah Untuk Dioperasikan
    Kelebihan pertama yang bisa anda dapatkan ketika memakai WordPress adalah bisa digunakan oleh siapa saja. Dari mulai seseorang yang sudah sangat ahli dengan programming sampai pemula sekalipun bisa menggunakan WordPress ini dengan sangat mudah. Untuk itu, anda tidak harus menjadi ahli programming untuk membuat website profesional memakai WordPress ini.

  2. Memiliki Komunitas yang Besar
    Sebanyak 30% website yang tersebar di seluruh dunia dibuat dengan memakai WordPress. Jumlah tersebut sudah bisa dijadikan jaminan jika WordPress memang merupakan pemegang market share yang paling besar untuk platform pembuat website di seluruh dunia.

    WordPress bisa membuat forum diskusi yang berguna untuk saling berbagi insight serta ilmu baru mengenai cara membuat website dengan memakai WordPress lengkap dengan optimasi.

    Forum diskusi dilakukan secara online dan juga offline.Untuk anda yang masih pemula dengan WordPress dan website, maka anda bisa belajar dari beberapa forum diskusi tersebut yang memang secara khusus akan menjelaskan tentang tutorial WordPress.
  3. Memiliki Banyak Tutorial
    Tidak hanya mempunyai forum diskusi, namun anda juga bisa belajar cara untuk membuat website dengan WordPress serta mengoperasikannya memakai tutorial WordPress yang bisa anda temukan dengan mudah di internet.

  4. Memiliki Banyak Plugin
    WordPress juga menyediakan banyak fitur yang bisa anda pakai seperti jika anda ingin mengoptimasi SEO, maka anda bisa gunakan plugin Yoast SEO. Jika ingin menambah profil media sosial serta tombol share, maka anda bisa memakai One Signal serta plugin media sosial dari WordPress yang lainnya.

    WordPress memang menyediakan ribuan plugin yang bisa anda pakai untuk mempermudah anda ketika mengelola serta menambah fitur pada web. Kelebihan yang dimiliki WordPress ini juga bisa dikatakan jarang ditemukan pada platform lainnya.

    Ditambah lagi ada juga banyak plugin versi gratis sehingga anda tidak perlu menyiapkan budget tersendiri untuk beberapa fitur terbaik dari WordPress tersebut.

  5. Memiliki Tema yang Beragam
    Sama dengan tutorial WordPress serta plugin yang begitu banyak, tema pada WordPress jumlahnya juga sangat banyak. Para pengembang sendiri juga banyak yang merilis tema WordPress baik yang berbayar atau yang gratis. Berbagai tema WordPress gratis juga memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak perlu diragukan


Kekurangan WordPress
Selain memiliki begitu banyak kelebihan, ternyata platform WordPress ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang akan kami jelaskan sekarang ini.

  1. Keamanan
    WordPress sudah dipakai sekitar 30% website yang ada di seluruh dunia. Semakin banyak pengguna, tentu akan semakin besar juga peluang bagi hacker dan DDOS yang merupakan ancaman. Namun, semuanya ini sebenarnya juga masih bisa dicegah dengan cara meningkatkan keamanan web tersebut.

    Namun, anda juga harus berhati hati supaya tidak memakai tema plugin yang mengandung bug. Pastikan jika plugin atau tema sudah memiliki penilaian serta review yang juga baik.

  2. Konten Pihak Ketiga
    Karena sebagian besar dari plugin serta template WorPress dibuat developer pihak ketiga, maka seringkali anda juga akan menemukan bug. Untuk itu sebelum install plugin atau template yang baru, maka sebaiknya baca penjelasan dan ulasannya lebih dulu.

    Jika memang anda merasa ragu dengan kredibilitas plugin atau template tersebut, maka sebaiknya hubungi customer support.

  3. Waktu Loading Pada Halaman
    Apabila anda menginstall plugin dalam jumlah yang terlalu banyak, maka akan secara otomatis website WordPress anda akan bertambah lambat. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa menginstall plugin caching.

  4. Masalah Desain
    WordPress memang menyediakan begitu banyak fitur yang bisa anda pakai bereksperimen seperti membuat tampilan website sesuai dengan apa yang anda inginkan. Namun, masalah bisa terjadi pada saat anda masih baru memakai WordPress, akan tetapi ingin membuat website dengan fitur yang lengkap. Karena memang WordPress tidak butuh keahlian coding, maka anda bisa melakukannya kapan saja.

  5. Fitur Harus Terus Aktif
    Agar segala macam fitur bisa terus berjalan, maka kebanyakan plugin akan memkaia shortcode. Untuk itu, shortcode tidak akan berfungsi jika dinonaktifkan dan akhirnya website anda otomatis tidak akan bisa diakses.

  6. Tidak Bisa Menerima Iklan Bisnis Google Adsense
    Dunia blogging memang sudah umum digunakan sebagai lahan untuk berbisnis baik yang gratis atau berbayar. Umumnya WordPess hanya menggunakan satu iklan saja yakni dari Google Adsense yang sekarang memang sedang populer digunakan.

    Supaya iklan tersebut bisa ditampilkan, maka harus ada script atau bahasa code yang harus dimasukkan pada blog WordPress dan sampai saat ini, pihak dari blog WorPress sendiri tidak bisa dimasukkan code bahasa atau script iklan dari Google Adsense tersebut.

  7. Tidak Bisa Menggunakan Plugin
    Plugin WordPress adalah jenis aplikasi tambahan yang sangat berguna untuk memaksimalkan fungsi dari blog WordPress dengan jumlah yang sangat banyak.

    Akan tetapi sayangnya, tidak disediakan plugin untuk blog WordPress sampai sekarang kecuali jika anda memakai hosting berbayar atau hosting sendiri, maka tentu anda bisa memakai segala macam plugin untuk mengoptimalkan blog WordPress yang anda miliki.

Cek DA dan PA Domain Gratis

Cek DA dan PA Domain Gratis

Domain authority (DA) dan page authority (PA) sebuah indikator atau skoring yang dikeluarkan oleh Moz untuk mengukur kualitas sebuah website dengan metrik yang beragam, salah satunya adalah backlink.