Alexa

Manfaat Domain Authority Untuk Peringkat Google

Manfaat Domain Authority Untuk Peringkat Google
Solusitech
Solusitech
13 Agustus 2020

Jika kita mengunjungi sebuah website, tentu saja kita harus memiliki alamat website atau yang kita sebut dengan domain. Alamat ini bisa kita temukan di mana saja, mulai dari link yang ada di website orang lain, promosi iklan, hingga pencarian yang ada di mesin pencari misalnya Google Domain Authority (DA) adalah salah satu alasan Google bisa memilih mana website yang layak untuk tampil di halaman pertama, dan mana yang tidak layak.

Kebanyakan website yang dikunjungi oleh orang-orang adalah website yang ditemukan melalui mesin pencari. Walaupun begitu, tidak semua website bisa masuk dalam pencarian Google. Google memilih domain yang layak untuk masuk ke halaman pertama mereka. Dengan cara apa Google memilihnya?

Apa itu Domain Authority (DA)?

Di dalam domain, ada istilah yang dikenal dengan Domain Authority. Nah, dengan Domain Authority (DA) itulah Google bisa memilih mana website yang layak untuk tampil di halaman pertama, dan mana yang tidak layak bahkan tidak masuk dalam mesin pencari mereka.

Jika kamu belum paham mengenai Domain Authority (DA), bagaimana cara mengeceknya, apa fungsi dan bagaimana untuk meningkatkannya, berikut penjelasannya. Dalam bahasa Indonesia, Authority bisa diartikan kuasa, wewenang, pengaruh, dan sebagainya. Begitupun dalam kata Domain Authority (DA), yang bisa diartikan sebagai Domain yang punya wewenang, kuasa, dan pengaruh.

Fungsinya adalah untuk memudahkan mesin pencari seperti Google untuk menempatkan Domain pada halaman pertamanya. Karena domain tersebut punya pengaruh dan kuasa. Domain Authority (DA) diukur oleh usia domain, jumlah backlink, dan jumlah konten pada alamat domain tersebut.

Jika ketiga ukuran tersebut jumlahnya banyak, maka Domain Authority (DA) pada website tersebut juga banyak. Standar pengukuran Domain Authority (DA) sendiri berupa angka, yang apabila nilainya semakin tinggi maka semakin bagus.

Domain Authority (DA) ini memiliki tolak ukur untuk keseluruhan domain dan sub domainnya. Sedangkan ada juga istilahPage Authority (PA), yang bisa diartikan sebagai ukuran kekuatan dari suatu halaman dalam website.

Bagaimana Cek Domain Authority (DA)


Untuk mengecek berapa nilai Domain Authority kamu, kamu bisa menggunakan fitur analisis website yang tersebar di Internet saat ini. Bahkan banyak yang menyediakan secara gratis. Misalnya seperti website smallseotools, moz.com, ahrefs, dan sebagainya. Semakin tinggi nominal pada Domain Authority (DA), maka semakin bagus nilai domain kamu.

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA)

  1. Usia Domain
    Semakin tua usia domain, maka semakin mudah domain mendapatkan penilaian yang tinggi. Untuk meningkatkan Domain Authority (DA) artinya kamu harus mempertahankan website dalam jangka waktu yang lama. Atau jika ingin cepat, kamu bisa membeli domain yang sudah expired. Yang usia pembuatannya di atas lima tahunan.

  2. Jumlah backlink yang banyak
    Selain dengan usia domain, tolak ukur lainnya adalah dari jumlah backlink yang ada. Semakin banyak backlink berkualitas yang tertuju ke alamat domain kamu. Maka semakin tinggi pula Domain Authority (DA) yang akan didapatkan. Backlink sendiri merupakan istilah untuk penempatan link atau alamat website yang aktif ke dalam website orang lain.

  3. Index semua konten di mesin pencari
    Kenalkan semua konten website ke mesin pencari. Mintalah bantuan webmaster dari mesin pencari untuk memperkenalkan konten-konten agar terindex dengan mudah. Dengan cara ini, konten akan mendapat tempat yang bagus di halaman mesin pencari, yang akan meningkatkan Page Authority.

  4. Rutin publish konten berkualitas
    Masih berhubungan dengan cara sebelumnya. Semakin banyak konten yang berkualitas, maka semakin besar pula halaman website mendapatkan Page Authority. Dengan begitu, jika keseluruhan halaman mendapatPage Authority (PA) yang bagus, alamat website atau domain juga akan mendapat Authority yang bagus juga. Konten yang berkualitas adalah konten yang menerapkan standar SEO (Search Engine Optimizer) pada umumnya.

  5. Hapus link yang bermasalah
    Dalam membuat konten yang berkualitas sesuai dengan standar SEO, seringkali kita menyisipkan link aktif yang tertuju ke website luar. Memberikan website tersebut backlink dari website kita.

    Tetapi perlu diketahui juga bahwa terkadang, website yang kita tuju punya masalah tersendiri. Misalnya seperti website terindikasi malware, spam, bahkan domain expired. Hal ini akan menurunkan Domain Authority (DA) yang kamu miliki. Untuk itu, jika kamu menautkan eksternal link ke website yang bermasalah, segera hapus untuk mengamankan kualitas Domain Authority (DA) kamu.

  6. Tingkatkan kecepatan dan buat website responsive
    Website yang cepat juga menjadi salah satu penerapan dari standar SEO. Mengapa web harus cepat dan responsive? Selain karena membuat pengunjung nyaman, dengan meningkatkan kecepatan website akan membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di berbagai perangkat.

    Artinya menurunkan bounce rate pada website. Simpelnya, bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan halaman website. Semakin tinggi bounce rate, mesin pencari akan berasumsi bahwa konten tersebut tidak berkualitas. Begitupun sebaliknya.

  7. Tampil di Halaman Pertama Mesin Pencari
    Untuk tampil di halaman pertama Google, selain konten dan optimasi SEO. Domain Authority dan Page Authority (PA) juga berperan penting. Dengan angka Domain Authority (DA) danPage Authority (PA) yang tinggi, website kamu bisa berada di halaman pertama pencarian.

Dan dengan tampil di halaman pertama mesin pencari, website kamu akan mendapatkan pengunjung secara organik. Namun untuk meningkatkanDomain Authority (DA) butuh waktu yang tidak sebentar, banyak proses yang harus dilalui. Jadi, mulailah berproses dari sekarang biar Domain Authority (DA) kamu meningkat di kemudian hari.