Mengembangkan Bisnis Dengan Menggunakan Website

Oleh Administrator · Oktober, 19 2020

Mengembangkan Bisnis Dengan Menggunakan Website

Saat ini sudah banyak terdapat banyak platform media promosi yang bisa digunakan untuk memasarkan sebuah produk. Beberapa platform online tersebut misalnya media sosial, email, website bisnis dan lainnya. Setiap media memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Akan tetapi bagaimana menyatukan media-media tersebut dalam satu platform yang lebih luas lagi yang dapat kamu kelola sendiri sebagai pelaku bisnis. Media yang dimaksud adalah Website.

Apa Manfaat Website Bisnis
Saat Anda berjualan secara offline pelaku usaha membutuhkan toko sebagai tempat menjual dan memasarkan produknya. Maka dalam dunia digital ada website, yang memiliki fungsi yang sama dengan toko pada bisnis offline. Perlu Anda ketahui memiliki website bisnis banyak sekali manfaatnya. Sama seperti toko di bisnis offline, di website pun kamu dapat melakukan pemasaran dan penjualan dalam platform yang sama.
Salah satu manfaat dengan memiliki website bisnis sendiri adalah kamu dapat membuka toko kamu selama 7 hari 24 jam. Ini sangaat berbeda dengan toko fisik, bisnis online dapat dilakukan kapanpun, sehingga bisnis kamu dapat berjalan terus-menerus. kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak seperti yang kamu keluarkan untuk menyewa toko dalam bentuk fisik.

Persiapkan Sebelum Membuat Toko Online
Inilah beberapa hal perlu Anda mulai memiliki website bisnis sendiri agar bisnis yang kamu jalani dapat berkembang lebih besar maka kamu perlu memperhatikan beberapa komponen, yaitu:

  • Menarik dan Kreatif
    Setiap pekerjaan membutuhkan konsep yang baik. Kamu harus sudah memiliki konsep sebelum membuat website karena hal tersebut akan memudahkan kamu dalam mengelola website. Jika kamu tidak memiliki konsep yang jelas untuk website kamu maka kamu akan kesulitan dalam management kerja.
  • Domain
    Domain merupakan salah satu komponen penting yang harus kamu miliki. Gunakanlah nama domain yang menarik dan unik. Pilih ekstensi domain yang tepat yang sesuai dengan konsep website bisnis. Kamu bisa menggunakan .COM .ORG .INFO .NET .BIZ .CC .CO.ID, dan lain-lain.
    Untuk domain kamu bisa membeli dalam jangka waktu tertentu. Misalnya siklus satu tahun dengan harga tertentu tergantung dari ekstensi domain yang dipilih. Kamu tidak usah khawatir, DomaiNesia adalah provider professional yang menawarkan domain murah tapi tidak abal-abal.
  • Hosting
    Hosting tidak kalah penting dalam pembuatan website bisnis dengan hosting kamu dapat menyimpan file, data, video, gambar yang akan diupload. Kapasitas pembelian hosting juga berbeda-beda jika kamu pebisnis pemula mungkin kamu dapat mulai membeli hosting dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.
    Bagi kamu yang membutuhkan banyak tempat penyimpanan untuk database website, kamu bisa membeli hosting dengan kapasitas diatas 2 GB atau membeli Virtual Private Server (VPS). Hal ini bertujuan menghindari website down.
  • Kemampuan Mengelola Website
    Sedikit banyak para pelaku usaha harus memiliki kemampuan mengelola website. Jika kamu tidak memiliki kemampuan ini kamu dapat belajar dasar secara online jika bisnis kamu telah berjalan maka kamu perlu membayar orang untuk mengelola website bisnis kamu.
    Untuk mengembangkan sebuah bisnis memang perlu keberanian untuk memulai sesuatu. Dengan memulai membuat website bisnis, kamu sudah memulai langkah untuk mengembangkan bisnis kamu ke pasar yang lebih luas lagi. Dengan memiliki website bisnis juga kamu akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para calon konsumen kamu.
    Karena biasanya untuk menghindari penipuan berkedok online shop para konsumen lebih merasa aman membeli produk-produk yang ditampilkan pada sebuah website bisnis atau memesan langsung di website bisnis kamu.