Panduan Memilih Jasa Website Bisnis Profesional

Oleh Administrator · Agustus, 12 2020

Panduan Memilih Jasa Website Bisnis Profesional

Anda sedang mencari jasa website bisnis untuk perusahaan Anda, tetapi  masih bingung bagaimana cara kerjanya? Atau mungkin kamu memiliki ide bisnis luar biasa, kamu merasa antusias dan ingin mengimplementasikan secara online sesegera mungkin?

Sebelum menjual produk atau jasa secara online, hal pertama yang kamu butuhkan adalah mencari jasa website bisnis profesional didukung oleh tim IT profesional yang akan membantumu membuatkan website yang bisa menjangkau pelanggan dan membawa trafik potensial secara cepat.

Jenis website yang kamu butuhkan bisa berupa toko online, web company profile untuk perusahaan, web katalog dan lain-lain. Banyak sekali di luar sana yang menyediakan jasa website bisnis profesional.

Meskipun kamu tidak mengerti dalam dunia website, kamu juga bisa setiap saat membuat website untuk bisnis kamu dengan cara berkonsultasi dengan para penyedia jasa pembuatan website profesional yang akan membantumu mulai dari desain tampilan website sampai proses pengembangan, pemasaran digital hingga optimasi konversi penjualan dan analisa lainnya.

Kalau kamu masih bingung kapan memulainya, ikuti terus artikel ini sampai akhir karena kami akan mencoba memberi panduan dari awal bagaimana membesarkan bisnis kamu, memasarkan brand dengan membuat dan merancang website secara benar dari awal. Sehingga membantumu lebih efektif dan tidak membuang waktu untuk hal-hal yang tidak perlu.

Analisa pasar, susun strategi ide bisnis dan rumuskan rencana bisnismu secara detail untuk mencapai tujuanmu.

Semua orang pebisnis pasti terlebih dahulu akan melakukan analisa persaingan pasar secara menyeluruh agar dapat dengan jelas menentukan target pasar. Dengan demikian kamu bisa menyusun strategi yang akurat untuk website bisnismu setelah diluncurkan.

Membiasakan diri dengan melihat aspek pasar akan membantumu memastikan bahwa kamu memiliki pasar yang tertarget dan benar-benar siap untuk produk atau layanan yang ingin kamu tawarkan. Dengan demikian, kamu akan cukup yakin menuju arah benar dari awal.

Kamu juga perlu merumuskan rencana bisnis secara terperinci demi mencapai tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang sambil memperkirakan anggaran yang akan diinvestasikan.

Berikut adalah 4 aspek penting membuat rencana bisnis sukses yang harus kamu ingat ketika merumuskan rencana bisnis untuk website bisnismu.

  1. Identifikasi kebutuhan bisnis agar terpenuhi dengan memikirkan kembali tujuan website sebelum diluncurkan.
  2. Kenali bisnismu secara secara unik. Sangat penting menemukan hal-hal yang membuatmu berbeda dari para pesaing yang sudah ada.
  3. Ketahui ukuran pasar sehingga dapat membantu memperkirakan potensi keuntungan.
  4. Perkirakan anggaran untuk strategi promosi dan uraikan juga perkiraan pendapatan bisnismu.

Pilih nama domain yang tepat untuk melengkapi ide bisnismu.

Nama adalah identitas kamu, karenanya memilih nama domain yang tepat adalah langkah besar berikutnya saat menyiapkan situs web bisnis kamu. Hal ini dikarenakan jika nanti ternyata nama domain gagal karena tidak mencapai target yang diharapkan, kamu akan menemui kesulitan dalam mentransfer situs web ke URL baru (mengingat potensi kerugian SEO bersama dengan reputasi merek) ).

Mungkin juga kamu akan bertanya-tanya kenapa sebagian besar situs bisnis kecil hingga menengah, terutama mereka yang berada di urutan 10 teratas dalam SERP mencapai penempatan teratas di mesin pencari karena memakai kata kunci bermerek dan apa sebenarnya alasan nama domain mereka disinkronkan dengan merek mereka.

Berikut adalah beberapa tips memilih nama domain :

  1. Buat daftar beberapa nama domain yang cocok dengan merek bisnismu dengan mengingat tempat bisnismu.
  2. Selalu pilih nama domain yang cukup jelas sehingga orang tidak bingung saat menghubungkan nilai merek Kamu dengan nama domain.
  3. Pastikan tidak melanggar hak cipta.
  4. Selalu daftarkan nama domain untuk periode maksimum dan bisa juga beli nama domain terkait untuk menghindari masalah dengan orang lain yang mencuri ide bisnis kamu nantinya.
  5. Ekstensi (.com, .org, .net) juga penting. Analisis tujuan bisnis dan kemudian pilih nama domain yang sesuai. Jangan terburu-buru saat memesan domain.

Desain secara Profesional - Komunikasikan pesan brandmu dengan logo profesional yang disinkronkan dengan proposisi nilai brandmu

Logo adalah peluangmu untuk mendapatkan pengakuan merek dan mewakili identitas perusahaanmu. Pastikan Kamu tidak salah arah saat mendesain logo.

Dalam fase ini, kami sangat menyarankan layanan yang tersedia dari agen desain web kreatif di mana ahli desain & kegunaan juga memahami tujuan bisnismu dan percaya dalam menyinkronkan proposisi nilai brandmu dengan desain logo.

Desain logo yang efektif adalah yang bertujuan untuk membuat brandmu dikenali dan mempersepsikan merek komersial atau entitas ekonomi di ceruk pasar yang sama. Dengan desain logo yang menarik, Kamu juga memerlukan tagline khusus yang mencerminkan identitas perusahaanmu.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuatmu pergi ke arah yang benar dan datang dengan logo profesional

  1. Periksa apa yang ditawarkan bisnismu dan semua logo yang digunakan pesaingmu di ceruk bisnis yang sama.
  2. Putuskan apa yang perlu diwakili logo bisnismu dan jelaskan ide itu kepada desainermu
  3. Pikirkan persepsi pelanggan sambil menentukan font, warna, dan gambar.
  4. Buat beberapa logo berbeda dan bandingkan sampel logo yang mamu inginkan sebelum menyelesaikannya.

Pilih dan terapkan Content Manajemen System (CMS) yang fleksibel dan stabil
Setelah membuat logo profesional, prioritas teratas penting berikutnya adalah memilih sistem manajemen konten yang fleksibel & stabil. Jika menjalankan bisnis berbasis layanan, Kamu dapat memilih di antara beberapa CMS terbaik seperti WordPress.

Tetapi jika Kamu menjalankan bisnis jual beli atau bisnis berbasis produk lainnya, Kamu dapat memilih CMS yang di-host maupun non-host seperti Woocommerce.

Setelah membuat website dan menjalankannya, bukan berarti secara otomatis pelanggan akan berdatangan secara tiba-tiba. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu kamu pelajari :

  1. Lead - Menghasilkan lead adalah prioritas teratas ketika membangun bisnis online untuk pertama kalinya. Pastikan situs web cukup menarik perhatian ke CTA yang tersedia di website bisnismu.
  2. Traffic – Kekhawatiran terbesar untuk situs web bisnis kecil adalah mendapatkan potensi lalu lintas yang dapat dikonversi menjadi pelanggan. Untuk ini, kami sarankan untuk menambahkan tombol share ke sosial media dan atau memasang iklan google berbayar. Di tahap awal ini sangat penting untuk mencari tahu beberapa taktik yang dapat membawa lalu lintas ke situs web.
  3. Penjualan – Apakah kamu menjual produk atau layanan melalui situs web bisnis kecilmu, perhatikan peletakan posisi tombol CTA, tombol add to cart dan juga tombol share ke sosmed.


Dengan mempertimbangkan semua hal di atas, pastikan kamu telah secara akurat mengevaluasi kebutuhan bisnismu sebelum mengambil keputusan akhir mencari jasa pembuatan website untuk perusahaan. Karena dengan strategi yang tepat akan membantumu menawarkan produkmu secara lebih mudah dan cepat. Semoga sukses dengan bisnis dan perusahaan kamu.