Pengertian dan Fungsi Dari Website

Oleh Solusi Tech · Januari, 26 2021

Pengertian dan Fungsi Dari Website

Website adalah kumpulan halaman dalam domain yang berisi berbagai informasi sehingga dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui mesin pencari. Informasi yang dapat dimuat pada situs web biasanya berisi konten gambar, ilustrasi, video dan teks untuk berbagai jenis minat.

Biasanya, Anda dapat mengakses tampilan awal situs web melalui halaman utama (beranda) menggunakan browser dengan menulis URL yang tepat. Di beranda, itu juga berisi beberapa halaman web turunan yang terhubung satu sama lain.

SEJARAH WEBSITE

Sejarah Website dimulai pertama dari seorang ilmuwan Inggris, yang disebut Tim Berners-Lee. Orang tua dari Berners juga merupakan ilmuwan komputer di usia dini dunia komputasi.

Tujuan awal tim Berners membuat situs web yang memfasilitasi para peneliti di tempat kerja mereka untuk memperoleh dan bertukar informasi. Kemudian, pada 30 April 1993, resmi CERN, yang merupakan laboratorium fisika di Swiss, mengumumkan publikasi situs web secara gratis.

Sebelum itu, pada tahun 1990, tim Berners-Lee juga menulis tentang tiga teknologi web dasar, yang meliputi:

  1. HTML (HyperText Markup Language)
    Ini adalah bahasa markup atau format untuk halaman web.

  2. URI (Uniform Resource Identifier)
    Ini adalah alamat unik untuk membuka halaman website. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi sumber daya apa pun yang ada di web. Saat ini, ini sering dikenal sebagai URL (Uniform Resource Locator).

  3. HTTP (HyperText Transfer Protocol)
    Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk memulihkan sumber daya yang terhubung ke semua situs web.


FUNGSI WEBSITE
Ada beberapa fungsi website yang memiliki keunggulan dan kualitas yang berbeda sesuai dengan tujuan pemasaran dan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang diklasifikasikan menurut tujuan komersial.

  1. Sarana Informasi.
    Pertama, fungsi website seperti sarana untuk mengirimkan informasi terbaru dan menarik yang harus dibaca oleh pelanggan atau klien Anda. Pada dasarnya, Website juga dapat digunakan sebagai fasilitas pendidikan, pembelajaran, tutorial, tips dan trik, dan banyak lagi.

    Contoh situs web sebagai sarana informasi adalah portal berita, company profil dan lainnya. Untuk jenis konten, itu bisa berupa video, teks, dan gambar.

  2. Sebagai Blog
    Pernahkah Anda membaca atau membuka web yang menunjukkan halaman yang berisi artikel atau bahan bacaan? Jika pernah, itulah yang disebut blog. Orang yang sering membuat blog sering di sebut blogger.

    Oleh karena itu, fungsi kedua dari web ini adalah membuat blog, jadi tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung. Serta, mengoptimalkan blog yang diterbitkan. Selain itu, ia juga dapat bekerja sebagai sarana untuk meningkatkan merek perusahaan untuk membawa lebih banyak pelanggan.

  3. Sebagai Transaksi Jual Beli Toko Online / e-Commerce
    Dan fungsi terakhir sebagai media untuk mengakomodasi proses pembelian dan penjualan transaksi online atau, sering disebut e-commerce. Dengan menggunakan website eCommerce, mampu membawa lebih banyak konsumen untuk membeli produk atau layanan melalui website yang disediakan.

    Jadi pada dasarnya, e-commerce di sini hanyalah perantara. Contoh Website yang menerapkan fungsi ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Amazon, Shopee, dan Website yang lainnya.

website sejarah website fungsi website

PROMO LANDING PAGE