Pengertian dan Penjelasan Node.js

Oleh Solusi Tech · Mei, 04 2021

Pengertian dan Penjelasan Node.js

Pengertian dan Penjelasan Node.Js
Saat ini perkembangan dunia pemrograman sangatlah pesat. Telah banyak platform yang berkembang dan digunakan dalam pemrograman aplikasi web, salah satunya ialah Node.JS. Node.JS adalah salah satu platform yang sanggup dibilang miliki kualitas yang lumayan tinggi, mengingat ia dibangun dengan pondasi javascript.

Untuk lebih tahu dan makin lama mengenal bakal Node.JS, artikel ini bakal menjelaskan Node.JS secara lengkap dan mendetail, merasa dari pengertian hingga perumpamaan situs yang manfaatkan Node.JS

Bukan hanya itu, anda termasuk bakal tahu tentang bagaimana Node.JS bekerja, kapan disarankan untuk manfaatkan Node.JS, dan juga kelebihannya. Bagaimana? Sudah siap? Yuk kita mulai! dan berikut adalah daftar mengisi tentang pembahasan tentang Node.JS kali ini :

Apa itu Node.JS?
Node.JS adalah karya dari seorang developer bernama Ryan Dahl. Platform yang dikenalkan di th. 2009 ini diciptakan spesifik untuk menggerakkan aplikasi situs dari segi server yang berbasis javascript.

Padahal kita sama-sama tahu bahwa javascript adalah platform yang kebanyakan digunakan pada client-side. Dengan kehadiran Node.JS ini, telah berhasil mengimbuhkan stigma bahwa javascript termasuk sanggup terjadi dan digunakan dengan baik dari segi server, bukan hanya client-side atau front-end.

Node.js sanggup terjadi dengan baik di berbagai macam sistem operasi, layaknya Windows, Mac OS X dan Linux tanpa harus laksanakan perubahan pada baris kode program. Node.js miliki sumber HTTP server tersendiri agar platform ini sanggup menggerakkan situs server tanpa manfaatkan program layaknya Apache atau Nginx.

Untuk mengeksekusi dan menunjang Javascript sebagai bahasa server Node.Js perlu engine dari Javascript yang cepat dan mempunyai performansi yang memadai. Akhirnya Engine Javascript dari Google bernama V8-lah yang dipakai oleh Node.js. Engine ini termasuk merupakan engine yang dipakai oleh browser terkenal yaitu Google Chrome.

Apa Perbedaan Node.JS dan Javascript?
Node.JS dan Javascript sebenarnya sangatlah erat kaitannya. Namun ternyata keduanya merupakan perihal yang berbeda.

  1. Javascript
    JavaScript adalah bahasa pemrograman yang penggunaannya ialah sejalan dengan HTML dan CSS. Tujuannya ialah untuk menciptakan halaman situs yang bersifat interaktif. HTML bertugas untuk membuahkan susunan dan penampilan teks, tetapi CSS bertanggung jawab untuk mempercantik penampilan grafisnya. Lalu apa fungsi javascript? JavaScript berguna untuk menanggulangi animasi dan konten interaktif yang tersedia di dalamnya.

    Eksekusi kode JavaScript tergantung pada engine yang digunakan pada browser. Oleh gara-gara itu, Ia disematkan pada kode HTML. alasan tersebutlah yang menjadikan mengapa JavaScript disebut sebagai bahasa pemrograman yang bekerja pada client-side.

  2. Node.JS
    Node.js merupakan platform untuk menggerakkan kode JavaScript pada segi server. Platform ini bertugas untuk mengeksekusi kode JavaScript sebelum halaman situs ditampilkan di browser. Dengan demikian, Node.js sanggup menggerakkan situs, aplikasi web, dan game berbasis browser dengan baik.


Bagaimana Cara Node.JS Bekerja?
Node.js pada intinya bekerja dengan manfaatkan rancangan non-blocking dan single-threaded. Pengertian berikut sanggup dianalogikan layaknya ini:

Sebut saja terdapat program X. Program ini bekerja dengan rancangan blocking dan multi-threaded. Dalam kinerjanya, algoritma program X terdiri dari lebih dari satu proses. Oleh gara-gara cii-ciri blocking-nya, algoritma program berikut tidak bakal berlanjut saat satu sistem belum diselesaikan.

Disamping itu, terdapat program Y yang bersifat non-blocking dan single-threaded. Program X dan Y miliki algoritma yang sama. Akan tetapi, kinerja program Y tidak bakal berhenti pada satu sistem terkecuali sistem sesudah itu tidak perlu output sistem sebelumnya. Inilah yang dimaksud dengan rancangan non-blocking.

Selain itu, program Y hanya mengalokasikan thread pada sistem yang aktif. Pada program X, thread diberikan kepada seluruh proses, baik yang aktif maupun yang belum.

Dengan memandang konteks tersebut, Anda sanggup tahu bahwa program Y yang bersifat non-blocking dan single-threaded sanggup bekerja lebih efisien dan tidak manfaatkan resource yang besar dibandingkan dengan program X.

Apa Saja Kelebihan Node.JS?
Berikut adalah alasan mengapa Node.js kerap digunakan oleh programmer backend

  1. Bersifat Non-blocking — Seperti yang telah disebutkan pada anggota sebelumnya, Node.js bekerja dengan rancangan non-blocking. Dengan kata lain, sistem yang tidak perlu output dari sistem pada mulanya tetap sanggup terjadi secara bersamaan. Oleh gara-gara itu, pemanfaatan Node.js pada sebuah program bakal terlampau sanggup berpengaruh, lebih-lebih pada aspek resource dalam peningkatan efisiensi kode program.

  2. Dapat Mengeksekusi Kode dengan Cepat — Node.js dibikin manfaatkan engine V8 besutan Google yang membuat eksekusi kode terjadi dengan cepat
    Memiliki Karakteristik Single-threaded — Sebuah program yang manfaatkan rancangan ini hanya mengalokasikan thread pada sistem yang sedang berlangsung. Hal ini membuat kinerja program menjadi lebih ringan.

  3. Tidak Melakukan Data Buffering — Program dengan Node.js di dalamnya tidak laksanakan information buffering, yaitu pengalokasian lebih dari satu porsi penyimpanan server untuk information yang sedang diproses. Dengan hilangnya sistem ini, bakal mengimbuhkan Anda ruang yang lebih besar untuk penyimpanan data.


Penggunaan Node.JS
Setelah tahu pengertian dan Info dasar tentang node.js, sesudah itu adalah tahu untuk apa dan kapankah Node.JS digunakan? berikut adalah lebih dari satu diantaranya:

  • Aplikasi yang menerapkan Application Program Interface (API) atau JavaScript Object Notation (JSON)
  • Aplikasi single-page
  • Aplikasi yang laksanakan streaming data

Contoh Website dan Aplikasi yang Menggunakan Node.JS
Beberapa situs yang manfaatkan Node.JS adalah :

  • Netflix — Situs streaming serial TV dan film ini dijalankan manfaatkan Node.js di samping Python dan Java
  • LinkedIn — Backend API dari aplikasi Android dan iOS platform social network untuk para profesional ini dibangun dengan Node.js
  • Medium — Platform blogging terkenal ini manfaatkan Node.js untuk backend-nya

 

Cara Install Node.JS
Terdapat 2 alternatif langkah untuk sanggup menginstall node.js yaitu manfaatkan Installer atau dengan Node Package Manager (NPM)

Cara Install Node.JS manfaatkan Installer
Menginstall Node.JS manfaatkan installer sanggup dibilang langkah yang lumayan gampang untuk dilakukan. Karena saat manfaatkan installer untuk menginstal Node.JS, kita layaknya menginstall aplikasi lain layaknya biasanya. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Kunjungi link berikut https://nodejs.org/en/download/ kemudian cari dan unduh installer yang cocok dengan sistem operasi anda. Pastikan termasuk versi node.js yang anda unduh adalah versi LTS, gara-gara versi berikut adalah versi yang paling banyak digunakan, stabil, dan disarankan oleh pihak node.js.
    install node.js dengan installer

  2. Setelah berhasil mengunduh, laksanakan instalasi layaknya kebanyakan dengan tekan tombol next hingga sistem instalasi selesai.
    Bagaimana? Mudah bukan? Selanjutnya kita bakal tahu langkah install Node.js dengan metode lainnya yaitu dengan manfaatkan Node Package Manager (NPM).


Cara Install Node.JS manfaatkan Node Package Manager (NPM)
Selain manfaatkan installer, kita termasuk sanggup menginstall Node.JS dengan pemberian Node Package Manager atau NPM. NPM adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang amat mungkin kita untuk mengembangkan dan membagikan kode javascript. NPM sendiri bervariasi dan mengatur dengan sistem operasinya. Pada Sistem Operasi Windows, NPM yang digunakan adalah Chocolatey. Berikut adalah tahapan instalasinya :

  1. Masuk situs chocolatey, dan laksanakan sistem instalasi layaknya biasanya. Chocolatey termasuk sediakan dokumentasi perihal dengan langkah instal Node.js manfaatkan situsnya. Untuk memandang dokumentasi, anda sanggup datang ke halaman berikut https://chocolatey.org/install
  2. Setelah instalasi selesai dilakukan, buka command prompt (cmd)
  3. ketikan perintah berikut : choco install nodejs.install. lantas tekan enter
  4. Selesai

 

Kesimpulan
Node.js adalah platform yang dibangun dengan pondasi javascript. platform ini seringkali digunakan dalam pengembangan aplikasi situs gara-gara kelebihannya yaitu tingkat efisiensinya dalam mengelola data.

Semoga artikel ini sanggup berguna bagi Anda. Jika tersedia yang idamkan ditanyakan atau mengalami kesulitan, anda sanggup meninggalkan komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.

node js javascript pengertian node js penjelasan node js

PROMO LANDING PAGE