Pengertian Serta Kelebihan Flutter

Oleh Administrator · Agustus, 22 2020

Pengertian Serta Kelebihan Flutter

Pengertian Flutter


Flutter adalah sebuah alat atau tool yang nantinya kita bisa membangun aplikasi antar platform (iOs, Android) secara native atau native cross-platform dengan menggunakan satu bahasa pemrograman dan satu basis kode. Native cross-platform yang dimaskud bukan sebuah aplikasi web yang dibungkus oleh native app tetapi kita benar benar membangun dua aplikasi berbeda untuk iOs dan Android yang kemudian bisa kita distribusikan ke Apple App Store maupun Google Play Store.

 

Kabar untuk membangun aplikasi kita bisa menggunakan satu bahasa pemrograman saja yaitu Dart dan juga dengan satu basis kode (codebase) dan dengan Flutter kita hanya perlu belajar satu bahasa pemrograman dan menulis kode sekali tetapi kita bisa mendapatkan dua aplikasi berbeda, Tanpa menggunakan Flutter umumnya untuk membuat aplikasi iOs kita harus menulis kode Swift / Objective C dan menggunakan iOs Development Environment dan untuk Android kita harus menulis dengan Java atau Kotlin beserta Android Development Environment.

 

Flutter Framework yaitu sebuah framework dari bahasa pemrograman Dart yang menyediakan fungsi & elemen UI atau disebut widget didalam Flutter, Flutter SDK adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk mengembangkan / membangun aplikasi iOs atau Android.

 

Kelebihan Flutter

  1. Fast Development
    Kita bisa mengembangkan aplikasi android & ios dengan lebih cepat. Hal itu dikarekanakan flutter sudah memiliki widget-widget dan class untuk membuat aplikasi.

  2. Expressive and Flexible UI
    Kita dapat membangun aplikasi android & iOs dengan UI yang flexible. Widget-widget dan class-class yang dimiliki flutter sudah mendukung material desain di android dan desain untuk iOS.

  3. Native Performance
    Aplikasi yang kita buat akan sama performanya dengan aplikasi native yang dibuat dengan android studio jika android dan xcode jika aplikasi tersebut dijalankan di iOS