Pengertian Token Crypto, Yang Perlu Anda Ketahui

Oleh Solusi Tech · Maret, 16 2021

Pengertian Token Crypto, Yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Cryptocurrency?
Cryptocurrency , altcoin , dan token crypto sering kali digunakan secara keliru secara bergantian di dunia mata uang virtual. Namun, cryptocurrency adalah supersetnya, dan altcoin serta token crypto adalah dua kategori subsetnya.

Cryptocurrency adalah mata uang standar yang digunakan untuk melakukan atau menerima pembayaran di blockchain, dengan cryptocurrency paling populer adalah Bitcoin.

Altcoin adalah berbagai mata uang kripto alternatif yang diluncurkan setelah kesuksesan besar yang diraih oleh Bitcoin. Istilah ini berarti koin alternatif yaitu selain bitcoin. Mereka diluncurkan sebagai pengganti bitcoin yang disempurnakan dengan klaim untuk mengatasi beberapa titik sakit bitcoin. Litecoin , Bitcoin Cash , Namecoin , dan Dogecoin adalah contoh umum dari altcoin. Meskipun masing-masing telah merasakan tingkat kesuksesan yang berbeda-beda, tidak ada yang berhasil mendapatkan popularitas seperti bitcoin.

Token Crypto mewakili aset tertentu yang dapat dipertukarkan dan diperdagangkan atau utilitas yang dibuat melalui penawaran koin awal (ICO) yang sering ditemukan di blockchain .

Poin Penting

  1. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi (melakukan dan menerima pembayaran) di sepanjang blockchain.
  2. Altcoin dan token kripto adalah jenis mata uang kripto dengan fungsi berbeda.
  3. Token Crypto adalah jenis cryptocurrency yang mewakili aset atau penggunaan khusus dan berada di blockchain mereka.
  4. Dibuat melalui penawaran koin awal (ICO), token kripto sering digunakan untuk mengumpulkan dana untuk penjualan massal.


Token Crypto

Token Kripto atau Crypto, yang juga disebut aset kripto, adalah jenis khusus dari token mata uang virtual yang berada di blockchain mereka sendiri dan mewakili aset atau utilitas. Paling sering, mereka digunakan untuk penggalangan dana untuk penjualan massal, tetapi mereka juga dapat digunakan sebagai pengganti hal-hal lain.

Misalnya, seseorang dapat memiliki token kripto yang mewakili x jumlah poin loyalitas pelanggan pada blockchain yang digunakan untuk mengelola detail tersebut untuk rantai ritel.

Mungkin ada token kripto lain yang memberikan hak kepada pemegang token untuk melihat konten streaming selama 10 jam di blockchain berbagi video. Token kripto lain bahkan dapat mewakili mata uang kripto lainnya, seperti token kripto yang setara dengan 15 bitcoin pada blockchain tertentu. Token kripto semacam itu dapat diperdagangkan dan ditransfer di antara berbagai peserta blockchain.

Intinya, cryptocurrency dan altcoin adalah mata uang virtual khusus yang memiliki blockchain khusus dan terutama digunakan sebagai media pembayaran digital. Di sisi lain, token kripto beroperasi di atas blockchain yang bertindak sebagai media untuk pembuatan dan pelaksanaan aplikasi terdesentralisasi dan kontrak pintar, dan token digunakan untuk memfasilitasi transaksi.

Token Crypto biasanya dibuat, didistribusikan, dijual, dan diedarkan melalui proses standar penawaran koin awal (ICO) yang melibatkan latihan crowdfunding untuk mendanai pengembangan proyek.

Aset kripto ini sering berfungsi sebagai unit transaksi di blockchain yang dibuat menggunakan templat standar seperti yang ada di jaringan Ethereum yang memungkinkan pengguna membuat token. Blockchain semacam itu bekerja pada konsep kontrak pintar atau aplikasi terdesentralisasi , di mana kode yang dapat diprogram dan dijalankan sendiri digunakan untuk memproses dan mengelola berbagai transaksi yang terjadi di blockchain.