Pentingnya Website SEO Untuk Bisnis

Solusi Teknologi Pratama
Solusi Teknologi Pratama 17 Mei 2020
  • Bagikan:

Dunia bisnis saat ini sudah mulai akrab dengan perkembangan digital, terutama dalam proses promosi. Website pun kemudian menjadi salah satu alat tempur yang seringkali menjadi andalan. Semua perkembangan teknologi ini tentunya harus disertai pula dengan teknik digital marketing yang mumpuni.

Maka dari itu, penggunaan SEO dalam pengembangan popularitas website menjadi gencar dilakukan. Karena, semakin tinggi popularitas sebuah website, semakin banyak orang akan berkunjung. Dan semakin banyak kunjungan, potensi pengembangan bisnis pun akan semakin besar.

Apa Itu Website SEO?

Search Engine Optimization atau SEO adalah proses untuk mengoptimasi sebuah website agar memperoleh tempat yang tinggi di mesin pencari. Tempat yang tinggi ini maksudnya adalah halaman pertama dari sebuah hasil pencarian kata kunci di mesin pencari. 

Mesin pencari memiliki aturannya sendiri yang lebih dikenal dengan istilah algoritma. Aturan ini berfungsi untuk menilai kualitas sebuah website dan menentukan apakah kontennya layak berada di halaman pertama hasil pencarian. Algoritma ini biasanya terus diperbarui agar hasil pencarian semakin berkualitas.

Maka dari itu, untuk dapat mencapai algoritma ini sebuah website perlu mempelajari cara kerjanya. Secara umum, mesin pencari bekerja dalam 3 tahap. Pertama adalah crawling, yaitu penjelajahan internet untuk menemukan berbagai link. Cara agar website mudah di-crawl di antaranya dengan riset keyword, pemformatan link, hingga relevansi konten.

Kemudian yang kedua adalah indexing, yaitu proses pengumpulan konten ke dalam daftar. Mendaftarkan website ke Google Webmaster dan menambahkan sitemap bisa membuatnya mudah terindeks. Dan pada tahap ranking, di sinilah mesin pencari berusaha memberikan hasil pencarian terbaik di halaman pertama.

Orang cenderung  malas untuk membuka halaman kedua dan seterusnya. Karenanya, berada di halaman pertama menjadi penting bagi website bisnis untuk memastikan trafik kunjungan stabil atau bahkan meningkat. Dengan kunjungan yang stabil, pebisnis akan dapat beralih fokus kepada peningkatan kualitas produk.

Seberapa Penting Website SEO Untuk Bisnis?

Pentingnya website SEO bagi digital marketing bisnis akan dapat dilihat lebih jelas dengan penjabaran manfaatnya secara spesifik. Dengan begitu, langkah konkret pun akan lebih mudah dilakukan. Dan beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Dapat Meningkatkan Trafik Kunjungan

Dengan munculnya website di halaman pertama, sudah jelas trafik kunjungan adalah hal pertama yang terpengaruh. Dalam satu periode tertentu, bukan tidak mungkin ada banyak orang yang menggunakan kata kunci serupa dalam pencarian. Jika website selalu berada di halaman pertama, maka potensi kunjungan menjadi sangat besar. 

Sementara itu, orang yang berkunjung pun kemungkinan besar sesuai dengan target. Karena, orang mengetik suatu kata kunci tentu diiringi tujuan yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Misalnya, seseorang mengetik "novel Indonesia 2020" di mesin pencari.

Informasi yang dicari pasti berhubungan dengan novel. Kemudian website toko buku online yang memang menarget orang semacam itu berada di halaman pertama. Maka potensi terjadinya kunjungan terbuka sangat lebar.

Dari kunjungan pertama kali, ada potensi orang akan tertarik dengan konten lainnya di dalam website. Tentunya, ini berlaku jika semua konten memiliki kualitas bagus dan menarik. Secara tidak langsung, satu konten dapat meningkatkan trafik konten lainnya dan begitu pula secara bergantian.

2. Meningkatkan Efektivitas Promosi

Mengandalkan media dalam jaringan dalam proses promosi, digital marketing tentu terbantu dengan SEO. Kemudahan ini didapatkan dari terjangkaunya akses menuju website yang berada di halaman pertama.

Pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien karena dilakukan dengan teknik modern. Selanjutnya, yang penting untuk dilakukan adalah tetap menjaga peningkatan kualitas konten agar trafik kunjungan terus stabil.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek alias Brand Awareness

Kesadaran merek adalah salah satu faktor yang menentukan apakah konsumen akan membeli sebuah produk. Ada beberapa level kesadaran masyarakat terhadap suatu merek. Mulai dari tidak sadar atau tidak mengenal sama sekali adanya suatu merek. Hingga merek yang menjadi top of mind atau yang paling diingat ketika menyebut suatu kategori produk.

Semakin sering suatu website dikunjungi, maka kesadaran akan keberadaan website tersebut akan semakin meningkat. Begitu pula dengan produk yang dipromosikan di dalamnya. Jika keadaan ini berlangsung terus menerus, maka posisi top of mind bukan tidak mungkin untuk dicapai.

4. Dapat Meningkatkan Penjualan

Manfaat-manfaat di atas terus memberi manfaat lanjutan lainnya yang saling mempengaruhi. Dengan trafik kunjungan yang tinggi, promosi yang efektif, dan kesadaran merek yang terus meningkat, angka penjualan akan terdongkrak dengan sendirinya. Alhasil, pendapatan pun dapat ditingkatkan.

Peningkatan penjualan ini kemudian berdampak pula terhadap 3 manfaat tadi. Semakin banyak produk beredar di luar, kesadaran merek akan semakin meningkat. Promosi juga menjadi lebih ringan karena adanya campur tangan konsumen dengan testimoninya. Dan semakin banyak orang baru yang penasaran, semakin besar kemungkinan mereka berkunjung ke website.

5. Dapat Memperoleh Data Kunjungan

Dalam penerapan SEO, tool bernama Google Analytics menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk digunakan. Tool ini memberikan berbagai data statistik website. Dengan adanya dasar berupa data, kunjungan yang dilakukan ke website dapat dilacak dari berbagai sisi.

Beberapa data yang bisa diperoleh dari penggunaan tools ini di antaranya jumlah pengunjung dan lokasi mereka. Selain itu, bisa juga mengetahui halaman mana yang paling banyak pengunjungnya, jenis konten apa yang paling disukai, hingga laporan langsung. Semua data ini dapat divisualisasikan dan diakses sesuai kebutuhan.

Trik Mengelola Website SEO Untuk Pengembangan Bisnis

Dengan banyaknya manfaat tersebut, pengelolaan website harus dilakukan secara berkesinambungan. Selain karena algoritma mesin pencari yang terus diperbarui, pengunjung juga selalu menginginkan konten-konten segar. Maka dari itu, beberapa trik ini dapat dicoba untuk menjaga kualitas website yang dikelola.

1. Buat Konsep yang Matang

Penentuan konsep merupakan hal krusial dan fundamental dalam pembuatan website. Proses ini mencakup penentuan merek atau nama domain, logo, fokus konten, target pengunjung, hingga desain tampilannya. Konsep yang baik semestinya memiliki filosofi yang tidak hanya merupakan tren sementara, tetapi dapat bertahan sepanjang masa.

2. Tampilkan Profil yang Menjual

Website SEO untuk bisnis tujuannya adalah untuk mendatangkan konsumen dan menarik mereka untuk membeli produk yang dijual. Karena itu, tampilkan profil yang meyakinkan selayaknya website resmi. Teknik digital marketing satu ini akan memberi dampak signifikan.

Berikan gambaran singkat namun jelas mengenai bisnis apa yang dibicarakan di website. Tampilkan alamat, kontak, hingga cara mudah membeli produk. Pengunjung lebih senang dengan informasi yang menyeluruh dan terarah.

3. Konsisten Membuat Konten yang Fokus kepada Konsep

Ketika konsep telah dibuat, maka fokuslah terhadap konsep tersebut. Bangunlah kumpulan konten dengan satu muara yang sama. Jangan tergoda dengan tren yang mungkin sedang menghangat. Konsistensi selalu mendapat tempat tersendiri yang tidak akan tergerus tren.

Selain itu, buatlah konten yang orisinal. Prosesnya mungkin jadi lebih lama. Namun, menurunkan reputasi dengan melakukan copy paste tentu bukanlah pilihan yang bagus bagi sebuah website bisnis.

4. Responsif Terhadap Konsumen 

Terakhir, ketika konsumen sudah mulai berdatangan dan menghubungi, segera berikan respon. Berikan kesan bahwa website tersebut aktif dan memang berniat untuk membangun bisnis. Bangunlah hubungan baik dengan konsumen dimulai dengan cara ini.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman sebaiknya beri batas jam operasional sebagaimana sebuah usaha offline. Karena terkadang ada juga konsumen yang menghubungi di waktu istirahat, tengah malam misalnya. Dengan adanya pembatasan, kontak yang tidak direspon saat itu juga dapat dimaklumi oleh konsumen.

Penerapan digital marketing tidak bisa terlepas dari penggunaan website SEO untuk bisnis. Karenanya, para pebisnis tidak boleh mengabaikan aspek yang satu ini dalam pengembangan bisnisnya. Teruslah berkembang dengan produk terbaik dan teknik pemasaran terkini.

Komentar

0 Komentar

Post a Comment

Berlangganan

Berlangganan informasi terbaru seputar harga, promo, dan penawaran menarik lainnya.

WhatsApp