Skema Penjualan Langsung Yang Benar

Oleh Solusi Tech · April, 18 2021

Skema Penjualan Langsung Yang Benar

Penjualan langsung adalah sistem penjualan barang tertentu melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh penjaja langsung. Yang bekerja atas basic komisi atau bonus berdasarkan hasil penjualan kepada pembeli di luar lokasi eceran.

Sistem penjualan di Indonesia dengan type layaknya ini bukanlah perihal baru. Kiranya kira-kira th. 90-an terasa bermunculan perusahaan yang menerapkan sistem penjualan langsung. Selanjutnya booming di th. 2.000-an, yang lantas nampak pro dan kontra dengan sistem penjualan layaknya ini.

Mungkin sebagian penduduk kita, kerap atau lebih-lebih sudah dulu ditawari oleh penjaja langsung. Tentu saja dengan beragam langkah dan sebagian besar, condong tidak laksanakan SOP yang benar.

Inilah yang lantas menjadi miss persepsi antara skema penjualan langsung dengan “penipuan”. Perlu kita ketahui, tersedia dua type penjualan langsung yang kita kenal di Indonesia, yaitu Single Level Marketing (SLM) dan Multi Level Marketing (MLM).

Terdapat dua type penjualan langsung, yaitu:
Single Level Marketing atau penjualan langsung secara satu tingkat. Merupakan penjualan barang tertentu yang tidak melalui jaringan pemasaran berjenjang.

Multi Level Marketing atau penjualan langsung multi tingkat. Merupakan penjualan Barang tertentu melalui jaringan pemasaran berjenjang yang dikembangkan oleh Penjual Langsung yang bekerja atas dasar Komisi dan/atau Bonus berdasarkan hasil penjualan Barang kepada Konsumen.

Kedua type penjualan langsung di atas punyai perbedaan yang sangat jelas. Serta punyai pasar yang berbeda pula, atau type produk yang berbeda. Mungkin yang tak asing di telinga penduduk kami adalah MLM.

Inilah yang kemudian menjadi skema pemasaran yang sering dihindari oleh masyarakat. Padahal seandainya mengacu terhadap Permendag No. 70 Tahun 2019, pemerintah udah sesuaikan distribusi barang secara langsung.

Yang mana ini mampu menjadi jaminan bahwa pemerintah berusaha menjaga konsumen. Sehingga dibuatlah keputusan yang ketat, apalagi tersedia asosiasi yang mengawasi langsung yakni APLI.

Dengan terdapatnya aturan-aturan agar diharapkan, kurangi resiko-resiko yang kemudian sebabkan kerugian bagi konsumen. Sebelumnya terdapat Permendag yang sesuaikan proses penjualan langsung yakni Permendag No. 32 Tahun 2008.


Mencabut Permendag No. 32 Tahun 2008

Seiring berjalannya waktu, banyak kastemer yang terasa yakin bersama sistem penjualan segera / MLM. Kemudian, banyak perusahaan-perusahaan MLM yang terasa teratur bersama adanya ketentuan layaknya ini.

Meski begitu, guna untuk mencegah dan semakin memperketat regulasi sistem penjualan langsung. Kemudian, pemerintah terus memperbaharui aturan-aturan basic dan mencabut Permendag No. 32 Tahun 2008 dan mengganti bersama yang baru.


Permendag No. 70 Tahun 2019

Mengacu terhadap Permendag No. 32 Tahun 2008, banyak pergantian yang sudah dijalankan oleh pemerintah. Salah satunya ialah mengenai perizinan bisnis di bidang penjualan langsung, yang di awalnya perusahaan wajib punya Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL).

Namun sekarang, SIUPL sudah diganti jadi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Tertera terhadap Pasal 18 ayat (1) yang berbunyi, “Setiap Perusahaan wajib punya SIUP”. Untuk beroleh SIUP, Perusahaan mengajukan permintaan kepada penerbit SIUP yaitu lewat lembaga Online Single Submission (OSS).

Untuk mengajukan permintaan pembuatan SIUP, Anda sanggup memanfaatkan jasa pengurusan SIUP. Kami siap membantu mengurus pembuatan SIUP, tanpa ribet, Anda sanggup fokus untuk tingkatkan kualitas produk.

Solusi Tech tak sekedar memiliki pengalaman didalam bidang pembuatan software penjualan langsung. Kami terhitung sudah bekerja sama untuk menciptakan dunia bisnis MLM yang lebih sehat, sekaligus membawa faedah bagi masyarakat luas.

Dengan adanya aturan-aturan yang ketat layaknya ini, membuat bisnis MLM punya arah yang jelas. Kemudian dapat ada banyak penjaja segera yang menerapkan skema penjualan segera yang benar.

Bila mereka (penjual langsung) mengikuti regulasi, maka dapat membuat bisnis MLM yang di awalnya sudah dicap “buruk”. Akan jadi lebih baik, dimana terjadi bisnis yang beruntung pada kastemer bersama penjual.

penjualanpenjualan langsungjualanmlmbisnis onlinetoko online

PROMO LANDING PAGE