Tips Membangun Networking untuk Bisnis

Oleh Solusi Tech · Maret, 24 2021

Tips Membangun Networking untuk Bisnis

Bisnis tanpa jaringan atau networking adalah hal yang mustahil. Bahkan, setiap bisnis selalu membutuhkan networking karena bisnis tidak bisa berdiri sendiri. Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika perusahaan memiliki banyak networking, di antaranya dapat meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan hubungan, menjadi solusi untuk masalah bisnis, menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis. Jadi, jika sebagai pemilik bisnis, Anda ingin membangun networking dalam bisnis, apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya? Mari kita perhatikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Perluas Kenalan.
    Banyak aktor bisnis berhasil membangun networking bisnis yang kuat yang dimulai dari perkenalan. Setelah seminar, lokakarya atau berbagai acara lain di mana memberi Anda kesempatan untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda adalah kesempatan Anda untuk melipatgandakan kenalan dan membuka networking baru untuk mengembangkan bisnis. Dalam waktu dekat, Anda juga dapat berpartisipasi dalam acara ulang tahun golf Ciputra ke-24 yang akan diadakan di kota Surabaya. Selain networking, di sini Anda juga dapat belajar mengembangkan bisnis melalui strategi permainan golf.

  2. Lakukan Duplikasi.
    Duplikasi adalah proses meniru langkah-langkah dan strategi orang-orang sukses yang berhasil dalam bisnis yang sama untuk mendapatkan networking bisnis disertai dengan perkembangan keahlian dalam diri Anda. Ingin networking bisnis Anda berkembang dengan baik? Lakukan duplikat dengan benar dan bertahap.

  3. Tukar Kartu Nama.
    Meskipun terlihat sederhana, ternyata kartu bisnis memiliki peran penting ketika Anda ingin melakukan jejaring bisnis. Kartu nama adalah alat penting yang merupakan identitas Anda untuk memperluas networking bisnis. Ketika berkenalan dengan mitra bisnis baru bertemu, jangan pernah lupa untuk memberikan kartu nama. Kegiatan pertukaran kartu nama meskipun mereka terlihat sederhana akan memiliki dampak yang sangat besar. Kartu nama adalah sumber informasi yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungi Anda.

  4. Beri Dukungan Rekan Bisnis.
    Dalam bisnis, kadang-kadang Anda akan memenuhi beberapa masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri, demikian juga mitra bisnis Anda. Jika Anda ingin membuat networking bisnis yang kuat, maka berikan waktu untuk mendukung pasangan Anda. Dengan saling membantu, Anda akan secara otomatis mendapatkan kedekatan.

  5. Memiliki Kegiatan Berbagi.
    Ketika menguasai lapangan, Anda dapat membaginya dengan orang lain karena berbagi atau berbagi yang sebenarnya tidak akan pernah membuat Anda kehilangan. Anda dapat berbagi dalam lokakarya, forum yang sedang online, media sosial dan di mana pun tempat yang memungkinkan Anda berbagi dengan baik. Dengan begitu, Anda akan membangun jejaring bisnis dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dalam apa yang Anda bagikan.

  6. Gunakan Media Sosial.
    Saat ini, semua orang terhubung lebih dekat melalui media sosial. Anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai salah satu alat untuk mendapatkan networking bisnis. Cobalah untuk menangkap networking dengan orang-orang di luar lingkaran persahabatan, tetapi relevan dengan bisnis Anda. Misalnya jika Anda menjual produk dapur, Anda dapat mengikuti komunitas memasak atau komunitas ibu lainnya di media sosial. Selain Anda dapat menemukan wawasan baru tentang bisnis, Anda juga dapat mengetahui apa yang Anda inginkan dan target audiens Anda diperlukan.

  7. Percaya Diri.
    Kurangnya kepercayaan dalam memulai komunikasi dapat menjadi penghalang untuk memperluas networking. Terlebih lagi, hal sederhana yang paling sering ditemukan adalah perasaan malu untuk bertemu seseorang yang berpotensi membantu bisnis. Karena itu, malu pada diri sendiri perlu dikalahkan saat berhadapan dengan orang lain. Masalahnya dapat dimulai dengan kerja sama dengan rekan dan perlahan-lahan memanjat level untuk orang yang lebih tinggi. Setiap orang memiliki cara dan keunggulan mereka sendiri dalam membangun rasa kenyamanan dalam percakapan, sehingga sangat diperlukan untuk muncul.

  8. Ikuti Asosiasi.
    Peluang akan lebih diperoleh ketika memutuskan untuk mengikuti asosiasi atau organisasi. Bergabung dalam komunitas dan asosiasi adalah cara yang dianggap efektif untuk membangun networking bisnis. Melalui asosiasi bisnis dan forum, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengenal banyak pebisnis dengan berbagai jenis bisnis.

    Turnamen Golf Vegas yang luar biasa adalah salah satu acara yang diadakan oleh Ciputra Golf, Club & Resto dalam memperingati peringatan 24 tahun. Selain membangun networking dengan ratusan pengusaha di kota Surabaya, Anda juga dapat menyalurkan hobi Anda dalam bermain golf.

  9. Tindak Lanjut.
    Apa pun tujuan networking Anda, pastikan Anda membuat rencana tindak lanjut sebelum percakapan berakhir. Tindak lanjut dapat dijanjikan untuk menelepon kembali atau sesederhana mengirim email artikel yang menarik